Sukses di Bidang Perkebukan, Warga Binaan Rutan Negara Kembangkan Teknik Hidroponik

Ket poto, salah satu warga binaan Rutan Negara kembangkan tanaman hidroponik

Baliberkarya.com - Jembrana. Pelatihan penanaman sayuran hidroponik terhadap warga binaan di Rutan Negara agar mereka mempunyai bekal keterampilan saat selesai menjalani pidana, dan kembali ketengah-tengah keluarga dan masyarakat.

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Rutan Kelas II B Negara Bambang Hendra Setyawan didampingi Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, I Nyoman Tulus Sedeng saat dikonfirmasi awak media. Menurutnya Warga binaan Rutan Jembrana sudah sukses di bidang perkebunan (jagung, kacang panjang, tomat dan sayur lainnya),  kini mulai mengembangkan teknik pertanian di bidang hidroponik.

Mereka sekarang, lanjut Bambang, memulai dengan menanam kangkung pada lahan hidroponik seluas 2,5 m x 7 m yang tepat berada di atas kolam patin. "Kegiatan ini bertujuan memberikan bekal hidup bagi warga binaan sesuai dengan prinsip permasyarakatan sehingga warga binaan mempunyai ketrampilan nantinya pada saat keluar dari rumah tahanan," ujarnya, Minggu (8/8/2021)

Meskipun Rutan Negara sebagai rumah tahanan, imbuh Bambang, pihaknya tidak meninggalkan program-program pembinaan kepada warga binaannya. "Sesuai dengan 10 prinsip pemasyarakatan yang mana agar mengayomi dan memberikan bekal hidup agar mereka dapat menjalankan perannya sebagai warga masyarakat yang baik dan berguna," terangnya.

Diketahui, pertanian di bidang hidroponik ini dikelola oleh 4 orang warga binaan. Mereka sudah melalui sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan. Dikawal dan dipantau secara langsung oleh pembina pengelola kemandirian Rutan Negara, mereka dapat bebas meningkatkan keterampilannya di bidang hidroponik. (BB)


TAGS :

Komentar