Ditengah PPKM, Dua Pendaki Tersesat Dijalan Setapak Penuh Resiko di Kawah Gunung Batur

Baliberkarya.com-Bangli. Dua orang pendaki tersesat hingga berada di dekat kawah Gunung Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Sabtu (31/7/2021) pagi. Kurang lebih pukul 07.30 Wita, target terlihat meminta tolong untuk dievakuasi. 

Awalnya pendakian dimulai malam hari, karena kondisi gelap dan jalan tak terlihat jelas, mereka baru sadar berada di jalur kawah. Dengan kondisi tidak memungkinkan kedua orang tersebut memutuskan berlindung hingga menunggu bantuan. 

Kantor pencarian dan pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima laporan tentang kejadian tersebut sekitar pukul 07.50 Wita. "Laporan kami terima dari Bapak Kadek Astaman, namun laporan awal ini belum menyebutkan identitas korban," terang Gede Darmada, S.E., M.A.P., Kepala Kantor Basarnas Bali. 

Perkiraan posisi target berada di koordinat 8°14'12.71"S - 115°22'38.50"T. Merespon kejadian itu, Basarnas Bali mengerahkan 2 tim yang bergerak dari Pos SAR Karangasem dan Kantor Basarnas Bali yang berada di Jimbaran. 

"Total personil yang kami kerahkan sebanyak 14 orang, yang juga bergabung dengan unsur SAR lainnya, dengan membawa peralatan mounteneering," ungkapnya.

Menurutnya jarak pandang saat ini cukup baik, berkisar 2,3 - 3,1 KM dan kondisi cuaca hujan ringan. Tim SAR gabungan berangkat pada pukul 10.00 Wita dari parkiran atas Pura Pasar Agung Batur bersama masyarakat dan pemandu lokal.

Setelah kurang lebih 1 jam perjalanan menuju lokasi, tim tiba dan mempersiapkan peralatan. Menuju lokasi korban berada terdapat jalan setapak tapi sangat kecil dan beresiko, demi faktor keselamatan diputuskan untuk menurunkan 1 personil dengan bantuan peralatan mounteneering. 

"Satu orang rescuer diturunkan dan selanjutnya melaksanakan penarikan 1 orang korban perempuan atas nama Misel, 27 tahun dan korban berikutnya berhasil dievakuasi atas nama Made Yoga, 29 tahun," ungkap Darmada. 

Pada pukul 12.32 Wita keduanya sudah berada di atas dalam keadaan selamat. Selanjutnya keduanya dilakukan pendalaman kronologis kejadian dengan pihak polsek setempat dan setelahnya kembali ke rumah masing-masing.

Selama operasi SAR berlangsung turut melibatkan tim gabungan dari Basarnas Bali, Ditsamapta Polda Bali, Polsek Kintamani, SAI Rescue, TRC RSUD Bangli, Persatuan Ojek Batur, pemandu lokal dan masyarakat setempat.(BB).


TAGS :

Komentar