Bantu Guru SMAN 1 Blahbatu, Tiga Dosen ITB STIKOM Bali Berikan Bantuan Gratis Platform Media Pembelajaran Daring Interaktif

  07 Juli 2021 PENDIDIKAN Denpasar

Foto: Para dosen dan mahasiswa ITB STIKOM Bali foto bersama para guru SMAN 1 Blahbatu.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Dampak pandemi Covid-19 sangat terasa pada pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah. Salah satunya adalah SMAN 1 Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali, dimana proses pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. 

Di sinilah penerapan media pembelajaran yang interaktif sangat diperlukan untuk meningkatkan semangat dan ketertarikan para siswa untuk belajar dari rumah, sekaligus memutus penyebaran Covid 19.

ITB STIKOM Bali sebagai salah satu perguruan tinggi IT di Bali memiliki tanggung jawab moral untuk membantu lembaga pendidikan (sekolah) agar segera beralih dari pembelajaran convensional atau tetap muka ke pembelajaran secara daring.

Hal itulah yang mendorong tiga dosen ITB STIKOM Bali yaitu I Made Agus Wirahadi Putra, S.Pd., M.Eng, I Komang Dharmendra, S.Kom., M.T  dan Tubagus Mahendra Kusuma, SE., M.Si, untuk mengimplementasikan salah satu unsur dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat dengan memilih SMAN 1 Blahbatu, yang beralamat di Jalan Astina Raya, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali sebagai mitra kegiatan. 

Dalam pelaksanaannya, para dosen itu dibantu oleh dua orang mahasiswanya, I Kadek Seneng dan Ni Komang Ari Pridayanti, serta seorang alumninya yaitu Pasek Sutri Parto Utomo, S.Kom.  

Ketua Tim Pengabdian, I Made Agus Wirahadi Putra menyatakan kegiatan pengabdian ini adalah kolaborasi bersama tiga dosen, dengan melakukan sharing kepada para guru untuk mengoptimalkan penggunaan media online guna menyusun media pembelajaran daring yang interaktif.

“Ya kegiatan ini adalah wujud dari salah satu kewajiban kami sebagai dosen dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan salah satu poinnya adalah pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat,” kata Made Agus Wirahadi saat ditemui di kampus ITB STIKOM Bali, Renon, Denpasar, Rabu (07/07/21).

Menurutnya, pelaksanaan pengabdian di SMAN 1 Blahbatuh ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan diawali dengan pengenalan platform online untuk membantu pembuatan materi pembelajaran, kemudian dilanjutkan dengan praktek penggunaan platform online dan contoh penerapan pada salah satu materi pembelajaran, serta diakhiri dengan diskusi bersama para guru sebagai peserta kegiatan.

Secara terpisah, Wakasek Kurikulum SMAN 1 Blahbatuh, I Made Aryawan, ketika dihubungi mengaku sangat puas dengan pelaksanaan pengabdian masyarakat oleh para dosen ITB STIKOM Bali, karena materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi para guru dalam mempersiapkan proses pembelajaran. 

"Kami berharap kegiatan pengabdian masyarakat ini lebih sering lagi dilakukan di SMAN 1 Blahbatuh," harap Made Aryawan mengakhiri.(BB).