Mau Kerja Lanjut Sarjana, Poltek Ganesha Guru Singaraja Solusinya

  02 Juli 2021 PENDIDIKAN Buleleng

Foto: Direktur Poltek G2 Singaraja Ir. AAN Adhi Jaya, MM.Kom.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Singaraja. Masih banyak anak muda kita melanjutkan kuliah ke pendidikan tinggi tanpa perencanaan yang jelas. Akibatnya begitu lulus, mereka bingung mencari pekerjaan. Mereka lupa atau bisa saja tidak tahu bahwa di Bali, tepatnya di Singaraja ada sebuah politeknik yang telah siap mencetak anak muda Bali memasuki dunia kerja. 

Namanya Politeknik Ganesha Guru atau beken dikenal dengan sebutan Poltek G2 dengan taglinenya juga mantap: Kerja Dulu Baru Sarjana, yang beralamat di Jalan Pramuka No. 5 Singaraja, Kabupaten Buleleng. 

Direktur Poltek G2 Singaraja Ir. Anak Agung Ngurah Adhi Jaya, MM, Kom ditemui di kampusnya, Jumat (02/07/2021) saat memantau pendaftaran mahasiswa baru membenarkan hal tersebut.

"Ya misi kami adalah mencetak lulusan yang siap kerja. Setelah punya uang, mereka lebih gampang melanjutkan kuliah hingga sarjana, tanpa bantuan biaya dari orangtuanya," kata Agung Adhi Jaya.

Dia menguraikan, Poktek G2 memiliki tiga program studi (Prodi), yakni Prodi Komputerisasi Akuntansi, Prodi Teknik Komputer, dan Prodi Manajemen Informatika.    

"Lulusannya bergelar Ahli Madya Komputer (A.Md.Kom) dan semuanya sudah terserap di dunia kerja, bahkan sebagian di antaranya menjalani bisnis sendiri," ucap Agung Adhi Jaya.

Foto: Direktur Poltek G2 Singaraja Ir. AAN Adhi Jaya, MM.Kom

Mengenai tagline Kerja Dulu Baru Sarjana, Agung Adhi Jaya selalu mendorong alumnusnya setelah bekerja agar melanjutkan kuliah di ITB STIKOM Bali karena memang satu group.

"Kami Poltek G2 ini bagian dari STIKOM Bali Group sehingga sangat dimudahkan. Apalagi kurikulum kami dirancang sesuai di ITB STIKOM Bali sehingga mata kuliahnya diakui. Jadi hanya tinggal selangkah lagi menjadi sarjana TI lulusan ITB STIKOM Bali," beber Agung Adhi Jaya.

Agung Adhi Jaya mengingatkan kepada para lulusan SMA/SMK/MA terutama di wilayah Kabupaten Buleleng agar jangan segan-segan mendaftarkan diri di Poltek G2 untuk mendapatkan banyak kemudahan dan beasiswa. Di Era New Normal ini ia berharap jangan salah pilih kampus.

"Saat ini kami sedang buka pendafataran sampai akhir Agustus mendatang. Saatnya era teknologi infomasi, apalagi era new normal akibat pandemi Covid-19 mengharuskan kita semua segera bertransformasi dari manual ke digitalisasi. Jadi saya harap anak-anak jangan salah pilih kuliah," kata Agung Adhi Jaya.

Terpisah Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan membenarkan pernyataan Direktur Poltek G3 Singaraja AAN Adhi Jaya. 

"Betul kami sangat mengharapkan lulusan Poltek G2 kalau melanjutkan kuliah di ITB STIKOM Bali saja. Karena sangat dimudahkan dan kurikulumnya sudah nyambung dengan ITB STIKOM Bali. Mereka tinggal menempuh beberapa mata kuliah lagi dan menjadi sarjana," pungkas Dadang.(BB).