Dewa Ratu! Kasus Rabies Menyebar Sampai ke Banjar Tengalasih, Setelah Banjar Sawe Batuagung

Ket Poto, vaksin Rabies untuk binatang kesayangan di Banjar Tegalasih, Desa Batuagung

Baliberkarya.com Jembrana - Setelah Banjar Sawe, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana tempo lalu satu keluarga terkena gigitan anjing rabies, kini kasus rabies terdapat juga di Banjar Tegalasih, Desa Batuagung. Dalam hal ini seorang anak berusia terkena gigitan anjing yang setelah di cek lab positif rabie. Kamis (10/06).

Atas kejadian tersebut saat di konfirmasi awak media, Kabid Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana Wayan Widarsa membenarkan kejadian tersebut

“Untuk di Jembrana kasus Rabies sudah mencapai 10 kasus. Kita punya 10 kasus sekarang, tapi untuk korban gigitan anjing rabies sudah mendapat suntikan vaksin anti rabies atau VAR," ungkapnya.

Kasus tersebut, lanjut Widiarsa, pihaknya melakukan pencegahan dengan melakukan eleminasi selektif terhadap anjing yang sempat kontak langsung dengan anjing positif rabies, "kita ambil satu sample otak anjing yang di eliminasi slektif tersebut guna mengetahui sejauh mana penyebaran virus di Desa ini," jelasnya.

Selain melakukan eliminasi selektif Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana juga melakukan vaksinasi emergency secara masal, "kami juga melakukan vaksinasi gratis terhadap anjing kesayangan warga di radius 100 meter dari lokasi gigitan, dengan harapan virus rabies ini tidak lagi menyebar ke wilayah lain," terangnya.

Paman korban bernama Gusti Komang Budiartha mwngatakan, keponakannya Gusti Putu Angga Sudarmawan (5), pada tanggal 31 Mei 2021, keponakanya sedang bermain mengejar anjing, mereka berdua bermain dengan anjing tersebut.

“Anjing tersebut dipukul dan berlari dan dikejar sama keponakan, setelah itu tiba-tiba anjing tersebut balik mengigit bagian mata kepoanakan saya,” ungkatnya. (BB)


TAGS :

Komentar