Bangkitkan Rasa Nasionalisme dan Kebangsaan Melalui Lomba Paduan Suara

Baliberkarya

Baliberkarya.com Jembrana - Dalam rangka peringatan Bulan Bung Karno yang dilaksanakan selama bulan Juni, Badan Kesbangpol Jembrana menyelenggarakan Lomba Paduan Suara bagi siswa siswi SMP dan SMA SE Kabupaten Jembrana. Lomba paduan suara tersebut diadakan pada hari Rabu (9/6) dan Kamis (10/6) di Gedung Auditorium Pemkab Jembrana di Jalan Mayor Sugianyar, Dauhwaru, Jembrana.

Menurut Kepala Badan Kesbangpol Jembrana I Ketut Eko Susila Artha Permana, selain sebagai rangkaian Bulan Bung Karno yang jatuh pada bulan Juni ini, lomba paduan suara ini juga untuk membangkitkan kembali rasa nasionalisme di kalangan generasi muda. “Untuk itulah kenapa kami mengadakan lomba yang bernuansa lagu kebangsaan” ucapnya.

Selain untuk membangkitkan nasionalisme, Eko juga mengatakan lomba ini juga untuk membangkitkan wawasan kebangsaan bagi siswa siswi SMP dan SMA. “Di tengah era keterbukaan informasi seperti ini dimana banyak informasi yang baik maupun yang buruk, perlu kiranya kita dari Badan Kesbangpol untuk mengingatkan dan membangkitkan lagi Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan bagi generasi muda agar mereka tidak lupa akar bangsa ini”imbuhnya.

Kabid Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol Jembrana, I Ketut Sutama, secara teknis menjelaskan paduan suara tersebut diikuti oleh 20 kelompok masing - masing kelompok terdiri dari 10 penyanyi dan satu derigen. Tiap kelompok diwajibkan menyanyikan lagu wajib yang berjudul Pantang Mundur ciptaan Titiek Puspa dan satu lagu pilihan antara lain lagu Pada Pahlawan ciptaan C. Simanjuntak dan Usmar Ismail serta lagu Rayuan Pulau Kelapa ciptaan Ismail Marzuki.

Lebih lanjut Sutama menyampaikan lomba ini dinilai oleh tiga dewan juri antara lain, I Made Sudarma (budayawan), Agung Indriana (seniman), DS Putra (budayawan). Adapun yang menjadi penilaian antara lain keutuhan dan kesatuan nada, power, dinamika, harmonis, pemenggalan kata, tempo, etika, estetika. “Lomba ini berhadiah uang pembinaan dan piagam untuk juara satu hingga harapan 3” tutupnya.


TAGS :

Komentar