Bupati Sedana Buka Musrenbang Kabupaten Bangli

Baliberkarya

Baliberkarya.com Bangli - Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE., membuka musrenbang Kabupaten Bangli tahun 2021 yang diikuti oleh Seluruh Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Bangli secara virtual. Pembukaan tersebut hadir Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, SST.Par., Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, Sekda Bangli Ir. Ida Bagus Gde Giri Putra, MM, secara virtual, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Bangli Dr. I Putu Ganda Wijaya, S.Sos. MM, serta Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bangli Sang Nyoman Putra Erawan, Rabu, (9 Juni 2021) di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Bangli.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Bangli Dr. I Putu Ganda Wijaya, S.Sos.MM., dalam laporannya mengatakan kegiatan musrenbang ini dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan pendekatan partisipatif dan dilaksanakan berdasarkan atas asas transparansi, yang bertujuan sebagai sinkronisasi dan integrasi isu strategis yang menyentuh titik kebutuhan masyarakat Bangli dalam pencapaian visi dan misi Bupati Bangli sebagai bahan penyempurnaan prioritas pembangunan serta sasaran pembangunan Bangli kedepan. 

Ditambahkannya penyusunan RPJMD SB Kabupaten Bangli telah dilalui dengan fasilitasi Bappeda Provinsi Bali dengan beberapa penyempurnaan yang sudah ditindak lanjuti oleh Tim penyusunan yang selalu mendapatkan arahan dari Bupati Bangli, wakil Bupati Bangli dan tim percepatan pembangunan, maka dokumen RPJMD SB Kabupaten Bnagli dapat disempurnakan sehingga dapat dimusrenbangkan. 

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE., dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Bangli, juga seluruh staf Pemkab Bangli yang terus memberikan dukungan serta bantuan moril dalam penyusunan perencanaan yang telah diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Semesta Berencana (RPJMD-SB) tahun 2021-2026, dengan mengacu pada 5 prioritas daerah, antara lain pemenuhan dasar krama Bangli di bidang pangan, sandang dan papan dengan kualitas yang layak.

"Memperkuat sektor perekonomian melalui penguatan sektor pariwisata dan menjaga keseimbangan pembentukan sektor perekonomian, memantapkan infrastruktur dan tata ruang kota yang berkualitas dan berwawasan lingkungan dan pemajuan kebudayaan bali yang adi luhung berbasis nilai-nilai sad kerthi serta tata kelola birokrasi yang mengelola pembangunan yang efektif dan efisien," terangnya.

Ditambahkannya, musrenbang Kabupaten Bangli merupakan forum yang sangat strategis serta diharapkan mampu menjawab permasalahan-permasalahan dengan mindset tidak lagi money follow function melainkan harus sudah berubah menjadi money follow program priority. 

"Kegiatan yang direncanakan tidak boleh asal-asalan atau sekedar kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun namun tidak memberikan pengaruh signifikan pada masyarakat, melainkan harus benar-benar dipilih berdasarkan skala prioritas dan benar-benar mendukung pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan sesuai kewenangan dan tupoksi masing-masing perangkat Daerah," ucap Sedana.

Lebih jelasnya ia mengatakan, memperhatikan keterbatasan kapasitas fiskal yang ada, upaya penghematan terhadap belanja kegiatan melalui penekanan asas efektif dan efesien sangat penting, belanja kegiatan yang tidak prioritas perlu dikurangi. (BB)


TAGS :

Komentar