Kagumi STMIK Primakara, Menkop UKM Teten Masduki Akui Kampus Hebat Pencetak Wirausaha Berbasis Digital

  08 Juni 2021 PENDIDIKAN Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Kampus IT dan Bisnis STMIK Primakara di Jalan Tukad Badung Nomor 135 Denpasar mendapat tamu istimewa dikunjungi Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Selasa (8/6/2021).  

Kunjungan Menkop UKM Teten Masduki ini serangkaian road show dua hari di Bali (Senin dan Selasa, 7-8 Juni 2021) untuk bertemu seluruh stakeholder ekonomi kreatif di Pulau Bali. 

“Baru tahu juga bahwa ada Primakara (STMIK Primakara, red), ini kampus keren dan hebat,” kata Menkop UKM saat ditanya awak media soal tanggapannya terhadap STMIK Primakara.

Kunjungan Menkop UKM didampingi pula Fiki Chikara Satari selaku Ketua Umum Indonesia Creative Cities Network (ICCN) dan juga Staf Khusus MenkopUKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, dan Direktur Pemasaran Indonesia Creative Cities Network (ICCN) Ida Bagus Agung Gunarthawa serta diterima langsung Ketua STMIK Primakara I Made Artana dan jajaran.

Dalam kesempatan kunjungan di STMIK Primakara ini Menkop UKM Teten Masduki meninjau langsung pembinaan Startup Inbis Primakara lalu meninjau Mini Expo Startup dan UMKM.

Bahkan Tetan terkejut saat disuguhkan minuman mocktail yang dibuat dengan robot karya produk startup Barbot - Mini Bar Robotic. 

Barbot adalah satu produk dari PT. GUESTPRO TEKNOLOGO INDONESIA yang memadukan teknologi robotic untuk memberikan pengalaman futuristik untuk penikmat minuman moctail.

Acara juga diisi diskusi Menkop UKM dengan para pelaku UMKM termasuk UMKM di sektor ekonomi kreatif, startup, komunitas ekonomi kreatif, serta stakeholder ekonomi kreatif di Bali. Diisi pula penandatangan MoU antara STMIK Primakara dengan ICCN.

Teten mengatakan setelah melihat secara langsung STMIK Primakara, menurutnya kampus ini telah menjalankan aplikasi digital yang banyak digunakan oleh UMKM. 

Teten juga mengapresiasi STMIK Primakara yang banyak menciptkan aplikasi digital dan digunakan para pelaku UKM di Bali. 

"Ini keren dan hebat. Bisa menjadi semacam plug and play yang memberikan peluang anak-anak muda untuk mengembangkan idenya," ungkapnya.

Teten juga memuji STMIK Primakara karena telah banyak memberikan ruang kepada anak muda untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif, mengembangkan startup-startup berbasis teknologi.

“Saya yakin STMIK Primakara akan melahirkan wirausaha-wirausaha baru yang berbasis digital,” terang Teten optimis.

Dalam kesempatan ini, Teten juga meminta pelaku UKM di Bali harus mulai bisa merubah pola pikir, di mana dalam situasi pandemi sekarang ini tidak mungkin lagi menjual produknya dengan menunggu datangnya wisatawan.

"Ide besarnya, bagaimana dalam situasi pandemi, (produk UKM) Bali mengunjungi dunia lewat aplikasi digital," jelas Teten.

Sementara itu, Ketua STMIK Primakara I Made Artana mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kunjungan Menko UKM Teten Masduki ke Kampus IT dan Bisnis STMIK Primakara.

"Kami sangat senang karena bisa bergandengan tangan dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah di Bali. Apalagi yang dikolaborasikan sesuai dengan core kompetensi STMIK Primakara yakni di bidang startup, digitalisasi UMKM dan penumbuhan wirausaha," pungkasnya.(BB).