Gus Adhi Keliling Desa Bagi Ikan Diisi Kuis Edukasi Berhadiah "Masuk Harian" Buat Warga Terhibur dan Senyum Bahagia

Foto: Anggota Komisi II DPR RI/Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) atau Gus Adhi foto bersama warga usai menyerahkan paket ikan segar di Jembrana, Sabtu (5/6/2021).

Baliberkarya.com-Jembrana. Jika selama ini sebagian besar pejabat berpidato ataupun dalam memberikan edukasi sangat "garing", kaku dan membosankan sehingga warga yang hadir merasa jenuh bahkan banyak yang ngantuk, hal berbeda ditunjukkan Anggota DPR RI Dapil Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) yang akrab disapa Gus Adhi.

Terbukti saat Gus Adhi memberikan bantuan 700 paket ikan segar kepada masyarakat dengan berkeliling selama dua hari yakni Jumat-Sabtu, 4-5 Juni 2021 ke sejumlah wilayah di Kabupaten Jembrana untuk menyehatkan masyarakat ditengah pandemi Covid-19 dan menanggulangi stunting serta gizi buruk disambut antusias seluruh warga yang hadir.

Satu paket ikan segar yang dibagikan cuma-cuma ini masing-masing berisi empat jenis ikan (ikan kembung, stik tuna, mahi-mahi filet dan filet ikan dasar) dengan ukuran masing-masing 500 gram sehingga totalnya 2 kilogram per paket ikan. Selain membagikan ikan segar kepada warga, Gus Adhi juga memberikan edukasi kepada warga betapa pentingnya makan ikan dan segudang manfaat makan ikan bagi kesehatan dan masa depan anak bangsa.

Gus Adhi yang punya moto perjuangan AMP (Amanah, Merakyat, Peduli) memiliki cara berbeda dalam edukasi mengajak dan mengkampanyekan kesadaran makan ikan dari usia dini kepada warga disetiap banjar/desa di Jembrana. Selain dalam penyampaian Gus Adhi yang lucu menghibur membuat seluruh warga tertawa terpingkal-pingkal, ia juga memberikan kuis edukasi berhadiah bagi warga.

Kuis edukasi Politisi Golkar asal Kerobokan, Badung ini dengan melontarkan beberapa pertanyaan berhadiah mulai dari sejumlah manfaat makan ikan yang sudah dijelaskan diawal berdasarkan brosur yang dibagikan, singkatan Anak Agung Adhi Mahendra Putra, sebutan lain Amatra, hingga pertanyaan seputar tiga tugas utama Anggota DPR RI. 

"Sire uning (siapa tahu) manfaat makan ikan bagi kesehatan kita," tanya Gus Adhi kepada warga yang semuanya ibu-ibu penerima paket ikan segar yang kemudian dijawab perwakilan warga yang tahu sebelum mendapat hadiah bagi yang jawabannya benar.

Kuis edukasi menghibur Anggota DPR RI dua periode ini ternyata sangat ampuh dan jitu membius warga semakin antusius mendengarkan penjelasan sebelum menjawab kuis edukasi yang dijawab warga dengan bonus hadiah yang membuat warga tersenyum bahagia.

"Terima kasih Pak Agung Adhi (Amatra)," ucap warga yang mendapat hadiah sambil tertawa nyeletuk "masuk harian" yang disambut gelak tawa seluruh warga yang hadir.

Tak kalah lucu yang membuat seluruh warga tertawa terbahak-bahak saat Gus Adhi membagikan baju Gemar Makan Ikan bagi perwakilan warga dimana baju tersebut dipakaikan langsung kepada seluruh perwakilan yang maju kedepan.

"Ampura permisi nggih tiyang (saya) pakein bajunya. Sampun taen (sudah pernah) ten dipakaein baju sareng suami dirumah?," tanya Gus Adhi yang dijawab warga jujur dengan bilang belum sambil tertawa malu-malu yang disambut tawa terpingkal-pingkal seluruh warga yang hadir.

Pembagian paket ikan secara gratis dari wakil rakyat yang akrab disapa Gus Adhi ini merupakan bagian dari progam Safari Gemarikan (Gerakan Masyarakat Makan Ikan) "Ayo Makan Ikan: Makan Ikan Sehat, Kuat, Cerdas" dengan mengkampanyekan "Perangi Stunting dan Gizi Buruk" yang digelar bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dalam Safari Gemarikan ini total 700 paket ikan dibagikan di Kabupaten Jembrana. Diantaranya di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan (100 paket). Banjar Yehbuah Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo (150 paket), kemudian di Kecamatan Jembrana (50 paket). 

Selanjutnya di Desa Batu Agung  Kecamatan Jembrana (100 paket). Desa Baluk Kecamatan Negara (150 paket). Desa Tuwed, Kecamatan Melaya (100 paket). Desa Manis Tutu, Kecamatan Melaya (50 paket).

Dalam penjelasannya, Gus Adhi menyampaikan sembilan manfaat makan ikan bagi kesehatan seperti mencegah resiko penyakit jantung, stroke, dan darah tinggi, serta mencegah rematik dan meningkatkan imunitas tubuh. Rajin makan ikan juga bisa mencegah pikun dan penuaan dini, mengurangi resiko asma. 

Selain itu, ikan merupakan sumber omega 3 untuk kesehatan mata, sumber protein dan kalsium untuk pertumbuhan anak, mengurangi resiko bayi lahir prematur. Gemar mengkonsumsi ikan juga dapat mengurangi resiko depresi, hingga mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes.

Sementara dalam pemaparannya Gus Adhi menerangkan tiga tugas pokok Anggota DPR RI yaitu pertama legislasi, yaitu DPR mempunyai wewenang untuk membuat Undang-Undang bersama-sama dengan Presiden. Usulan Rancangan Undang-Undang dapat diajukan oleh Presiden, dapat pula berdasarkan hak inisiatif DPR.

Kedua, anggaran yaitu kewenangan DPR untuk menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diajukan oleh pemerintah (Presiden). Ketiga, pengawasan yaitu DPR mempunyai fungsi untuk menjalankan pengawasan terhadap pemerintah dalam menjalankan pemerintahan.(BB).


TAGS :

Komentar