Bupati Sedana Ajak Seluruh Masyarakat Selalu Jaga Alam Beserta Isinya

  05 Juni 2021 PERISTIWA Jembrana

Baliberkarya

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Jembrana - Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta hadiri kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Bulan Bung Karno III bertempat di Tribun Lapangan Kapten Mudita Bangli, Sabtu, (05/06).

Turut hadir Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Wakil Ketua I dan II DPRD Kabupaten Bangli, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangli Ir. Ida Bagus Gde Giri Putra, MM, perwakilan anggota Forkopimda Kabupaten Bangli, seluruh pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli serta Komunitas Peduli Lingkungan dan Komunitas Eco Enzyme.

Dalam laporannya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ida Ayu Gede Yudi Sutha,SE menyampaikan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dirangkaikan dengan Bulan Bung Karno III di Kabupaten Bangli ini sudah dipersiapkan sejak Bulan Mei 2021 yang ditindaklanjuti dengan koordinasi pihak terkait seperti Polres Bangli, OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli, Komunitas Eco Enzyme, Bank Sampah Dywik, maupun Komunitas Lingkungan lainnya.

"Melalui tema peringatan yaitu Restorasi Eco Sistem Lingkungan dan Taru Prana Buana atau Pohon sebagai Napas Bumi ini, telah diselenggarakan berbagai kegiatan, diantaranya Gotong Royong di seputaran TPA dan Desa Landih, kegiatan gotong royong di Pasar Kidul Bangli, Kegiatan Prokasih (Program Kali Bersih) di Sungai Sangsang, kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah dan pelatihan kreasi daur ulang sampah, kegiatan gotong royong serentak pungut sampah plastik di seluruh wilayah Kabupaten Bangli dengan total serapan sampah plastik sebanyak 1.015 kg dari 143 titik lokasi. Dan bertepatan pada hari ini dilaksanakan kegiatan penyemprotan eco enzyme, penanaman pohon bunga pucuk bang dan sosialisasi Instruksi Bupati Bangli Nomor 1 Tahun 2021 tentang penanaman, pemeliharaan dan pemanfaatan Pucuk Bang," ujarnya.

Sementara dalam sambutannya Bupati Bangli Sedana Arta menyampaikan bahwa kalau tema peringatan kali ini diterjemahkan yaitu tidak lain adalah untuk memikirkan kembali, membuat kembali dan memulihkan kembali yang pada konteksnya adalah semangat pembangunan yang berkelanjutan khususnya dalam penyelamatan lingkungan. Tentunya hal ini ini sangat tepat sesuai dengan visi dan misi yang sudah disepakati di Kabupaten Bangli yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli khususnya berkaitan dengan Wana Kerthi.

"Persoalan lingkungan hidup tidak menjadi tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup saja, bukan masalah pemerintah daerah saja, melainkan ini adalah masalah kita bersama dan menjadi tanggung jawab bersama. Dengan semangat dan bergerak bersama seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga lingkungan, kita yakin bahwa persoalan sampah bisa kita atasi," tegasnya (BB)