Ratusan Sapi Divaksinasi, Antisipasi Terserang Penyakit

Baliberkarya

Baliberkarya.com Jembrana - Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Jembrana bidang Keswan Kesmavet bersama dengan Tim BPTU HPT Denpasar memberikan pelayanan kesehatan hewan terpadu bertempat di Banjar Kembangsari, Desa Tukadaya, Kecamatan Melaya.

Pelayanan kesehatan hewan terpadu tersebut diperuntukan untuk ratusan ekor sapi milik warga untuk pembibitan berupa vaksin SE dan juga dilakukan spaying insectisida.

Kegiatan tersebut oleh Keswan Kesmavet tersebut bertujuan antisipasi hewan peliharaan warga seperti sapu rawan terserang penyakit pada saat musim hujan.

Sementara Kabid Keswan Kesmavet Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Jembrana, I Wayan Widarsa mengatakan, pelayanan keswan terpadu bersama Tim BPTU HPT Denpasar dilakukan di Banjar Kembangsari Desa Tukadaya Kecamatan Melaya.

"Pelayanan yang diberikan berupa, Vaksinasi SE terhadap 10 ekor sapi.  pemberian vitamin 52 ekor, spraying insectisida 80 ekor, pemberian obat cacing untuk pedet 12 ekor, pemeriksaan gangguan reproduksi 9 ekor, pemeriksaan kebuntingan 3 ekor dan penyerahan bibit pakan ternak indugofera," jelasnya.

Dikarenakan musim hujan akan tiba, lanjut Widarsa, maka perlu dilakukan perawatan berupa vaksin dan lain sebagainya. Karena memang untuj memelihara ternak masyarakat dengan baik. Jadi kerja kita bukan hanya di satu jenis hewan. Tapi seluruh hewan ada perawatan dan pemeliharaan.

 "Vaksinasi SE sendiri dilakuka supaya sapi tahan terhadap cuaca atau perubahan cuaca. Kemudian, vitamin juga terhadap daya tahan tubuh. Obat cacing juga diberikan supaya sapi terhindar dari penyakit cacing dan juga gangguan reproduksi maka dilakukan suntikan hormon untuk meningkatkan birahi dari betina," ucapnya.

Lebih jelasnya Widarsa mengatakan, hal ini bertujuan untuk pembibitan dominan sapi betina yang banyak, hal ini hanya perawatan rutin yang dilakukan rutin dan bukan diperuntukan untuk Idul Adha, tutupnya.


TAGS :

Komentar