Tata Kelola Keuangan Yang Baik, Kabupaten Bangli Menyandang Predikat Opini WTP dari BPK

Baliberkarya.com Bangli - Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE. Yang didampingi Ketua DPRD Kabupaten Bangli I Ketut Suastika dan Sekda Bangli Ir. Ida Bagus Gde Giri Putra. MM., menghadiri sekaligus menerima laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2020 yang diserahkan oleh Plt. 

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali Dr. Drs. Sri Haryoso Suliyanto, M.Si., SCFA di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Provinsi Bali, yang disaksikan oleh Gubernur Bali, Wakil Gubernur Bali dan Ketua DPRD Provinsi Bali, Senin, 24/05/2021.

Plt. Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali Dr. Drs. Sri Haryoso Suliyanto, M.Si, CSFA dalam sambutannya mengatakan sesuai dengan visi dan misinya, senantiasa untuk turut serta dalam peningkatan tata kelola keuangan yang baik melalui pemeriksaan keuangan salah satunya pemeriksaan LKPD. "Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK, opini BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2020 pada Kabupaten Bangli adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," ujarnya.

Pihaknya mengharapkan sesuai dengan pasal 20 ayat (3) UU No.15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara agar pemerintah Kabupaten/Kota segera menindak lanjuti rekomendasi BPK selambat-lambatnya 60 hari setelah laporan hasil pemeriksaan diterima. Ditambahkannya, pihaknya juga berharap dari hasil pemeriksaan ini dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, imbuhnya. 

Sementara itu, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, SE., menyampaikan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Bali atas predikat WTP yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Bangli dan juga ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Bangli atas usaha dan kerja keras untuk meraih predikat WTP. 

"Semoga raihan WTP atas pelaporan keuangan pemkab Bangli Tahun Anggaran 2020 ini bisa mejadi penyemangat bagi kita untuk pencapaian-pencapaian terbaik bagi kabupaten bangli di bidang yang lainnya. Disamping itu, WTP ini diharapkan bisa memberikan keyakinan APBD Kabupaten Bangli memberikan manfaat yang sebesar-besarmnya bagi masyarakat Bangli.," jelasnya

Lebih jelasnya Bupati Sedana menambahkan, kedepan tentu tantangan akan semakin berat, ASN harus lebih meningkatkan kinerja dengan profesional untuk menghadapi tantangan sistem pemerintahan 4.0 yakni Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), E-Budgeting, E-Planning, Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), Pengadaan Secara Elektronik dan E- Kinerja dan lain-lain. (BB)


TAGS :

Komentar