Pantau Arus Mudik, Kapolda Intruksikan Petugas Tetap Siaga 

Ket poto : Kapolda Bali Bali Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H. M.Si pantau langsung arus balik pasca hari raya lebaran di Pelabuhan Gilimanuk

Baliberkarya.com Jembrana - Kapolda Bali Bali Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H. M.Si pantau langsung arus balik pasca hari raya lebaran di Pelabuhan Gilimanuk, yang diterima langsung oleh Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa SIK didampingi oleh Waka Polres Jembrana Kompol Marzel Doni SIK MH beserta PJU Polres Jembrana.

Kapolda Bali langsung melakukan pemantauan di Pos 2 tempat kedatangan arus balik masyarakat yang mau masuk ke Bali, dilanjutkan dengan pemantauan tempat pengambilan tes rapid antigen di Pelabuhan serta memantau Pos Pengetatan di Wisata Teluk Gilimanuk.

"Operasi ketupat agung telah selesai dan diganti kegiatan rutin yang perlu ditingkatkan. Ini sesuai petunjuk Mabes Polri. Untuk penanganan pengetatan bagi harus balik lebaran," terang Kapolda Bali Irjen Pol Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H. M.Si didampingi oleh Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa SIK.

Gilimanuk merupakan pintu masuk gerbang ke Bali. Lanjut Jayan Danu, oleh karena itu dengan sistem kegiatan yang ditingkatkan merupakan pola dasar yang sama. Posko atau tempat-tempat pos operasi ketupat lebaran, kini ditetapkan masih berlaku. Bahkan porsenil akan ditambah di tiap pos tersebut.

"Diperkirakan mungkin beberapa hari ke depan arus balik dari Pulau Jawa masuk ke Bali akan kembali normal. Dimana sebelumnya dalam Ops Ketupat jauh menurun, tetapi 2-3 hari ke depan sudah menunjukkan peningkatan," jelasnya.

Kapolda intruksikan petugas tetap melakukan siaga, terkait penanganan secara protokol kesehatan. Bagi persyaratan yang akan masuk ke Bali seperti biasanya yang dari penyeberangan Ketapang Banyuwangi. Tetap melengkapi dokumen-dokumen perjalanan seperti swab antigen ataupun genoes. Ketika masuk ke Bali akan dilakukan validasi kembali.

Bahkan pos yang ada di Gilimanuk ini akan dilakukan pemeriksaan secara rendom. Sehingga dapat dilakukan dalam 1 hari hingga mencapai 100 orang perhari. Dengan penerapan seperti swab antigen dan genoes yang lokasinya berdampingan. 

Pemberlakukan pemeriksaan secara acak ini adalah gratis dari Pusdikes Polda ditempatkan di pos Gilimanuk tersebut. Upaya siaga ini untuk melakukan pengetesan secara rendom. Dan apabila ditemukan rombongan atau para pejalan yang masuk ke Bali ternyata positif maka akan diisolasi sesuai dengan mekanisme yang ada.

Sementara Kapolres Jembrana Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa SIK menambahkan, jika ditemukan masyarakat yang dari Pulau Jawa masuk Bali setelah di tes rapid antigen atau genose hasilnya positif mereka akan di tempatkan diruang karantina di Pelabuhan Gilimanuk.

"Selanjutnya petugas akan konfirmasi ke Gugus Tugas Covid-19 ditempat asalnya. Untuk yang dari Bali akan menyebrang ke Jawa setelah dilakukan rapid test atau genose hasil positif ambulance BPBD akan membawa mereka ke Puskesma terdekat  perugas langsung menghubungi satgas covid dimana mereka tinggal," (BB)


TAGS :

Komentar