Kabar Gembira! HUT ke-59 Bank BPD Bali Berikan Dana Stimulus Usaha Untuk Bangkitkan Perekonomian

  14 Mei 2021 EKONOMI Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Untuk pemulihan perekonomian Bali ternyata Bank Pembangunan Daerah Bali (BPD Bali) memiliki kepedulian yang sangat besar dimana salah satunya dengan pemberdayaan UMKM. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Bank BPD Bali sebagai bank yang berdaya saing tinggi dan fokus dalam melayani UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Buktinya, sebagai wujud nyata kepedulian terhadap UMKM di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, Bank BPD Bali menyelenggarakan program bagi UMKM Bali bertajuk "UMKM Bangkit bersama Bank BPD Bali”. Dalam rangkaian HUT ke 59 Bank BPD Bali, Program UMKM Bangkit Bersama Bank BPD Bali telah didahului berbagai kegiatan yang ditujukan sebesar-besarnya untuk pemberdayaan UMKM.

Kegiatan ini mulai dari peluncuran Rumah Kreatif di Kabupaten Tabanan, pembukaan outlet UMKM di seluruh Kantor Cabang yang dapat dimanfaatkan secara bergantian oleh seluruh UMKM binaan Bank BPD Bali untuk memasarkan produk-produknya.

Bahkan telah digelar pula webinar “Tips Sukses Pemasaran Online di Era Pandemi” menggandeng Go-Food, 5 tahapan weekend market UMKM di Kebon Vintage Cars yang diikuti total 425 UMKM binaan Bank BPD Bali dan pada akhirnya akan ditutup dengan webinar "UMKM Bangkit bersama Bank BPD Bali" pada 20 Mei 2021 yang dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas UMKM di Bali khususnya.

Foto: Direktur Utama (Dirut) Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma.

Program webinar kali ini menggandeng kampus IT STMIK Primakara dan BeKraf Kota Denpasar, dengan harapan dapat menyasar pangsa pasar UMKM secara lebih luas, termasuk UMKM generasi milenial, maupun startup teknologi. 

"Webinar UMKM Bangkit bersama Bank BPD Bali yang kami selenggarakan 20 Mei nanti sejalan dengan visi misi Bank BPD Bali menjadi bank yang melayani UMKM dan searah dengan kebijakan Pak Presiden Jokowi untuk percepatan pemulihan ekonomi Bali," kata Direktur Utama (Dirut) Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma saat dihubungi awak media, Jumat (14/5/2021).

Menurutnya, saat ini pertumbuhan ekonomi Bali tertekan akibat pandemi Covid-19 dan mengalami kontraksi cukup dalam. Karenanya, Bank BPD Bali terus berupaya berkontribusi mendorong pemulihan ekonomi Bali dan ekonomi nasional secara umum melalui pemberdayaan dan peningkatan kapasitas UMKM.

"Pemerintah telah memberikan banyak program stimulus untuk UMKM baik subsidi bunga, fasilitas KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan KUR super mikro pasca pandemi Covid-19. Kami juga terus mendorong stimulus bagi UMKM dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi nasional," jelas Sudharma.

Foto: Direktur Utama (Dirut) Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma (tengah) bersama Kepala Pusat Inovasi Primakara I Gede Juliana Eka Putra (kiri) dan Kepala Divisi Kredit Bank BPD Bali I Gusti Ayu Citrawati (kanan).

Untuk itulah, dalam webinar kali ini selain memberikan strategi pemasaran digital kepada UMKM, nantinya akan diberikan pula dana stimulus masing-masing Rp 1 juta kepada 59 UMKM terpilih peserta program.

Adapun tujuan program webinar ini adalah untuk meningkatkan kapasitas UMKM di masa pandemi Covid-19 dan juga mendorong UMKM melakukan transformasi ke arah digitalisasi atau dengan kata lain UMKM Go Digital.

"Program serangkaian HUT ke-59 BPD Bali sesuai tema Bangkit bersama Bank BPD Bali, kami mengajak pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19 ke arah digitalisasi," ungkap Sudharma.

Tak lupa, Sudharma juga menyinggung Onboarding  UMKM sebagai sarana edukasi dalam meraup pasar yang lebih luas bagi UMKM melalui platform digital.

"Kita harapkan pangsa pasar UMKM lebih luas dan lebih besar dengan pemasaran digital. Apalagi dengan adanya bonus demografi, kita harapkan juga UMKM baru yang lahir adalah UMKM yang dikelola generasi muda. Apalagi kalau generasi milenial yang lebih cepat menguasai pemasaran digital," sebut Sudharma.

Adapun peserta "Program UMKM Bangkit bersama Bank BPD Bali" ini merupakan masyarakat umum yang ingin memulai usaha atau yang sudah memiliki usaha produktif. Pendaftaran Peserta melalui: bit.ly/hutbpdbali59tahun.

Pemberian stimulus dipilih dari peserta yang mengikuti kegiatan webinar secara penuh dan isian usaha/rencana usaha paling kreatif dan inovatif. Peserta webinar terpilih akan diprioritaskan menjadi mitra binaan Bank BPD Bali.

Tahapan program ini meliputi Pendaftaran (11-19 Mei 2021), Webinar dan Input Bisnis/Rencana Bisnis (20 Mei) Pengumuman Peserta Webinar Penerima Stimulus (5 Juni 2021), Pencairan (s/d 30 Juni 2021).

Pendaftaran dimulai 11 Mei-19 Mei 2021. Pengumuman program dilakukan melalui media sosial Bank BPD Bali dan media sosial lainnya. Untuk tahap webinar mencakup materi strategi pemasaran digital UMKM, strategi pengemasan produk & sharing UMKM yang berhasil survive di masa pandemi, serta kredit KUR Bank BPD Bali.

Stimulus akan dicairkan melalui rekening tabungan Bank BPD Bali. Penerima stimulus akan diumumkan pada tanggal 5 Juni 2021 di link: bit.ly/pengumumanhutbpdbali59tahun.(BB).