Fenomena Langka Idul Fitri dan Isa Almasih Bersamaan, Togar Situmorang: Agama Jangan Jadi Pertentangan, Wajib Berdampingan Dalam Kebersamaan 

  13 Mei 2021 OPINI Denpasar

Advokat dan Pengamat Kebijakan Publik Togar Situmorang, SH,MH,MAP,CMed,CLA (tengah baju merah) bersama rekan.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Hari Idul Fitri Tanggal 13 Mei 2021 begitu terasa Istimewa karena suara Adzan di Mesjid dan suara lonceng di Gereja bergema bersamaan, sangat Merdu, Indah, Mesra karena secara bersamaan bertepatan merupakan Hari Kamis umat Kristen merayakan Hari Kenaikan Isa Almasih. 

Dalam fenomena yang sangat langka dan jarang terjadi ini mengingatkan kita wajib hidup berdampingan dan dalam kebersamaan ini menyatukan dalam satu perayaan besar itu.

Advokat dan Kebijakan Publik Togar Situmorang, SH,MH,MAP,CMed,CLA menilai itu merupakan simbol toleransi yang memang kita selalu jaga dan selalu kita hormati satu sama lainnya, apalagi bertepatan dengan Idul Fitri dan kenaikan Isa Almasih itu bersamaan, sehingga membuat kita sangat bersukacita. 

Kita tahu sendiri kenaikan Isa Almasih adalah perayaan yang diperingati 40 hari setelah hari paskah, atau 41 hari setelah Jumat Agung. Sehingga kenaikan Isa Almasih itu merupakan momentum kebangkitan Iman orang Kristen dan demikian juga yang kita lihat dengan adanya seperti ini maka kita berharap kedepannya, agama bukan lagi menjadi suatu pertentangan, keyakinan kepercayaan setiap warga negara itu bukan menjadi adanya suatu perbedaan.

"Karena setiap Warga Negara Indonesia berhak memilih agama dan keyakinannya, dan itu sudah dilindungi oleh UUD 1945,” ungkap pria berdarah Batak kelahiran Jakarta ini, calon Gubernur DKI 2022.

Idul Fitri memiliki arti penting bagi umat Islam. Pada hari tersebut, umat muslim merayakan hari kemenangan karena telah berpuasa di bulan Ramadan satu bulan penuh. Di Indonesia makna Idul Fitri diserap dan diselaraskan bersama budaya yang ada. Begitu juga dengan Isa Almasih sangat memiliki arti penting bagi kebangkitan Iman umat Kristiani. 

Namun perayaan Idul Fitri dan Isa Almasih tahun ini berbeda dengan tahun sebelum-belumnya. Sebab seperti yang kita ketahui bangsa sedang dalam pandemi covid-19, mari kita bisa berdamai dengan Covid 19 dengan standar kesehatan dari pemerintah agar bisa “Normal Life“. 

Foto: Advokat dan Pengamat Kebijakan Publik, Togar Situmorang, SH,MH,MAP,CMed,CLA.

"Prihatin karena biasanya masyarakat bisa mudik ke kampung halaman, bersilaturahmi ke sanak keluarga maupun melakukan sholat berjamaah waktu lebaran tapi tahun ini tidak bisa karena corona,"ungkap advokat kondang Togar Situmorang,S.H., M.H., M.A.P.,C.Med.,CLA

Idul Fitri di tengah pandemi justru menjadi momentum bagi umat Islam untuk menunjukkan karakter takwa yang sesungguhnya. Karakter takwa yang muncul dalam bentuk kesalehan sosial yang merupakan ekspresi dari kepatuhan menjalankan ajaran Allah tentang kasih sayang, empati, dan kepedulian kepada sesama umat manusia sehingga Islam dan umat Islam menjadi rahmat bagi semesta.

Advokat Togar Situmorang,S.H., M.H., M.A.P,CMed,CLA yang dikenal Ketua Hukum dari RS dr. Moedjito Dwidjosiswojo Jombang Jawa Timur memandang wabah ini harus menjadikan pribadi umat muslim dan seluruh umat beragama menjalani hidup sesuai nilai dan etika sosial yang diajarkan agama. 

Saling menolong, saling mengasihi, saling membantu dan toleransi dengan mempererat silahturahim dalam arti mengenal lebih dekat kesulitan saudara-saudara kita, serta saling menguatkan dan memberi dukungan satu sama lain dalam kebersamaan kerangka Bhineka Tunggal Ika.

"Inilah momentum untuk menghadirkan manfaat dan keberkahan bagi Masyarakat, Bangsa dan Negara Republik Indonesia dibawah pimpinan Presiden RI Joko Widodo," harapnya.

Pada kesempatan Istimewa ini dengan kerendahan hati Togar Situmorang sebagai umat Kristiani mengucapkan Minal Aidzin Walfaizin 1 Syawal 1142 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Bathin dan sebagai umat Kristen ia juga mengucapkan selamat hari kenaikan Isa Almasih, bagi umat Kristiani di Seluruh Negeri kita Indonesia tercinta dan semoga kita semua bertambah baik, bertambah tawakal, bertambah tinggi rasa toleransi kita sesama anak bangsa.

"Kami dari Law Firm TOGAR SITUMORANG, Jl. Kemang Selatan Raya No.99, Gedung Piccadilly, Jakarta Selatan juga mengucapkan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Minal Aidin Wal Faizin dan Mohon Maaf Lahir Batin,” tutup CEO & Founder Law Firm “TOGAR SITUMORANG“ berkantor pusatnya di Jl. Tukad Citarum No.5 A, Renon, Denpasar Selatan dan Jl. Pengalengan Raya No.355, Bandung, Jawa Barat.(BB).