Gelar Donor Darah, Hardcoff Cafe Rutin Suguhkan "Secangkir Kopi Peduli" Bagi Masyarakat

Baliberkarya.com-Denpasar. Meski ditengah pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat Ida Ayu Danik Suardani untuk terus berkarya. Berrkat niat dan semangatnya yang tulus, ia menggelar bakti soal donor darah yang dirangkai soft opening cafe bernama Hardcoff yang berlokasi dikawasan Renon Denpasar.

Kali ini, Hardcoff Beer-Coffee/Eatery yang juga ada fungsi edukasi ini melakukan kegiatan bakti sosial donor darah berkolaborasi dengan X-MOC (Xpander Mitsubushi Owner Club) Pengda Bali dan Perhimpunanan Donor Darah Indonesia (PDDI) Provinsi Bali di halaman parkir Hardcoff, Renon, Denpasar, Minggu (09/05/2021) sore. 

"Cafe (Hardcoff) ini tidak hanya berorientasi profit semata, tetapi ada fungsi sosial kemanusiaan yang ingin kami bangun. Cafe itu tidak hanya identik dengan tempat nongkrong, minum, tetapi juga dia punya fungsi edukasi, fungsi sosial juga kemanusiaan," ucap pemilik Hardcoff Ida Ayu Danik Suardani kepada wartawan disela kegiatan bakti sosial.

Ida Ayu Danik yang didampingi Sekjen X-MOC Pengda Bali Hendy Chonie dan Ketua PDDI Bali Ketut Pringgantara menjelaskan di setiap makanan dan minuman yang tersaji di Hardcoff punya fungsi ganda yaitu sisi profit dan sosial. Di Hardcoff, ada satu program unik dan menarik yang siap disuguhkan bagi masyarakat luas yaitu "Sekoli" atau Secangkir Kopi Peduli. 

"Di grand opening nanti kita akan berikan kopi kepada masyarakat, pengguna jalan yang lewat. Ini akan jadi program rutin dan kontinyu kami di Hardcoff," jelas Ida Ayu Danik.

Tentu saja kolaborasi kegiatan sosial Hardcoff dengan X-MOC, dan PDDI Bali, direspon positif masyarakat umum. Bahkan, satu unit mobil Unit Transfusi Darah PMI Provinsi Bali siaga di halaman Hardcoff. 

Sekjen X-MOC Bali Hendy Chonie mengakui setiap bulan X-MOC Bali punya agenda salah satunya aksi sosial. 

"Saya berharap kolaborasi ini akan membantu saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan kantong darah apalagi di masa pandemi Covid-19 kebutuhannya cukup tinggi," kata Hendy.

Ketua PDDI Bali Ketut Pringgantara mengungkapkan, di masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi PDDI Bali untuk mengajak masyarakat menjadi pendonor sukarela guna memenuhi kebutuhan kantong darah. Apalagi setiap hari, kebutuhan darah yang harus dipenuhi sekitar 160 kantong darah. 

"Kami mengalami paceklik kantong darah, apalagi di masa pandemi Covid-19. Semoga itikad mulia dan luar biasa dari Hardcoff dan X-MOC dapat membantu PMI memenuhi persediaan kantong darah," ungkap Pringgantara.

Menurutnya, PDDI Bali memiliki program Goes To Campus, Goes To Milenial, dan Goes To Cafe untuk melaksanakan aksi-aksi donor darah. Untuk itu, Ia sangat mengapresiasi Hardcoff dan X-MOC yang turut memberikan sumbangsih sosial kepada sesama karena seteres darah akan sangat membantu bagi mereka yang memerlukan kantong darah.

"Ini sebuah edukasi, merubah paradigma cafe yang sebelumnya tempat minum tapi Hardcoff memberi manfaat sosial kemanusiaan. Ini pintu luar biasa demi kebaikan kita semua, karena anak muda kumpul di cafe tidak hanya makan minum tapi juga berbagi kepada sesama dalam aksi kemanusiaan," pungkasnya.(BB).


TAGS :

Komentar