Kapolri Listyo Sigit Banyak Lakukan Kinerja Positif, Togar Situmorang Harap Kapolri Keluarkan Perkap Agar Advokat Tak Mudah Dikriminalisasi

  06 Mei 2021 TOKOH Nasional

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jakarta. Tak terasa, sudah hampir 100 hari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Sepanjang 1 pekan ke depan ini, dua momen penting untuk Kapolri Listyo Sigit. Pertama, Kapolri berulang tahun ke 52 pada hari Rabu 5 Mei 2021. Kedua, 100 Hari Jenderal Listyo Sigit menjabat sebagai Kapolri akan jatuh pada hari Jumat 7 Mei 2021.

Advokat Kondang dan Pengamat Kebijakan Publik Togar Situmorang, SH.,MH.,MAP.,C.Med.,CLA dari Kantor Hukum di Jl. Kemang Selatan Raya No. 99, Gedung Piccadilly, Jakarta Selatan mengucapkan selamat hari ulang tahun untuk Kapolri  Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo.,M.Si yang ke 52.

"Ucap syukur dan doa kepada Bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang berulang tahun ke 52 tahun. Semoga di hari ulang tahunnya diberikan kesehatan serta kesuksesan dalam memimpin Institusi Polri," ucap Togar Situmorang, Kamis 6 Mei 2021.

"Beliau adalah orang hebat dan cerdas. Buktinya beliau adalah pecahkan rekor Kapolri termuda yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu, menjelang 100 hari menjadi Kapolri banyak sekali kinerja positif yang sudah dilaksanakan oleh beliau,” imbuh pria berdarah Batak kelahiran Ibu Kota Jakarta ini.

Menurut Togar Situmorang, usia Kapolri yang sudah tidak muda lagi bukan berarti semangatnya berkurang. Melainkan semangat Kapolri sangat luar biasa dengan terus berinovasi untuk kemajuan Polri. Bahkan, bagi Togar Situmorang, sangat amat banyak yang dilakukan Kapolri dalam 100 hari pertamanya. 

"Ia bersilahturahmi dengan pimpinan institusi lain, dan ke Ormas-Ormas Keagamaan. Kapolri juga sudah berkunjung ke banyak provinsi di tanah air, sebagian besar kunjungan-kunjungan itu bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto," terang Togar Situmorang yang akrab disapa Panglima Hukum tersebut.

Kapolri sudah berkunjung ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Bali, NTT, NTB, Sulut, Sulteng, Sulbar, Sulsel, Papua, Sumut dan Sumsel. Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi nasional, baik untuk TNI, Polri dan anggota masyarakat.

Togar Situmorang yang dikenal segudang prestasi ini juga mengungkapkan bahwa Advokat sebagai mitra penegak hukum bersama Polri terus melakukan berbagai kegiatan demi mendukung citra Polri yang kini semakin membaik.

"Tentunya Kapolri Jenderal Listyo Sigit pun terus melakukan perbaikan dengan memberikan tagline Polri Presisi," tegasnya.

Demikian juga kita harapkan polisi bisa saling menghormati dan menghargai rekan sejawatnya yaitu para Advokat. Dimana sekarang ini banyak advokat sering mendapatkan kriminalisasi. Para Advokat bekerja berdasarkan surat kuasa dan perjanjian jasa hukum, dan dalam menjalankan itu mengenal amanah officium nobile. 

Apalagi didalam menjalankan kuasa tersebut sudah ada putusan dari pengadilan, dimana isi putusan pengadilan itulah yang akan dihormati dan dijalankan dan dipegang marwahnya oleh advokat tersebut. Sangat disayangkan apabila Advokat yang telah menjalankan daripada kewajibannya sebagai seorang Advokat sudah berjalan dengan baik malah disalahgunakan dimanfaatkan untuk dikriminalisasi.

"Diharapkan kondisi tersebut tidak terjadi lagi di Indonesia ini, bahwa yang namanya seorang Advokat  yang bekerja berdasarkan surat kuasa dan surat perjanjian jasa hukum apabila masyarakat merasa ada sesuatu hal yang dirugikan itu dilaporkan dulu kepada organisasi Advokat yang menaunginya. Kecuali sang advokat itu melakukan pidana umum,” ungkap Togar Situmorang.

Oleh sebab itu, lanjut Togar Situmorang, harus dibuat aturannya kalau perlu di atur di dalam Perkap (Peraturan Kapolri) sehingga apabila ada yang menyangkut tentang advokat, itu tidak gampang dipanggil-dipanggil, sehingga yang namanya diskresi pengadilan jangan sampai disalahgunakan oknum atau polisi-polisi yang memang atau titipan dari pihak kliennya atau pengacara kliennya. 

"Semoga Polri dibawah kepemimpinan Bapak Listyo Sigit kedepannya bisa menyampaikan dan menampilkan Polri yang tegas namun humanis, bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan, dan bagaimana kita mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan. Salam Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan),” tutup CEO & Founder Law Firm Togar Situmorang yang kantor pusatnya di Jl. Tukad Citarum No.5 A, Renon, Denpasar Selatan, serta cabang di Denpasar dan Jl. Raya Pengalengan No.355, Bandung.(BB).