Pemkab Jembrana Vaksin 400 Pegawai Pabrik, Dalam Rangka Hari Buruh Internasional

  04 Mei 2021 KESEHATAN Jembrana

Ket poto : Bupatu Jembrana saat memantau vaksinasi masal untuk para buruh pengalengan ikan Desa Pengambengan

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Jembrana - Memperingati Hari Buruh yang jatuh tiap 1 Mei, Pemkab Jembrana memberikan vaksinasi covid-19 bagi 400 buruh pabrik di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara  selasa ( 4/5). Buruh tersebut merupakan karyawan dari tiga pabrik yang bergerak disektor pengolahan ikan .

Pelaksanaan vaksinasi dipantau langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba, bersama Asisten Administrasi Umum I Ketut Kariadi Erawan serta Kepala  Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja I Komang Suparta. Pelaksanaan vaksinasi dipilih sebagai cara kreatif merayakan Mayday  2021, sekaligus upaya bersama dalam mempercepat pemulihan ekonomi daerah dan perekonomian nasional.

 Bupati Tamba disela peninjauan mengatakan kegiatan vaksinasi hari ini  tidak hanya serangakaian hari buruh , tapi juga upaya percepatan  target vaksinasi di Jembrana. Kegiatan ini sambungnya, juga sesuai  tema peringatan hari buruh tahun ini, "recover together"

"Tema itu mengusung semangat kolaborasi, dalam rangka pemulihan bersama akibat dampak pandemi . Kita dukung dengan percepatan vaksinasi di Jembrana .Setiap hari kita  target 1300 bisa divaksin , “ papar Bupati Tamba.

Ia menjelaskan upaya percepatan itu, tidak hanya berhenti di Pengambengan saja tapi terus bergerak menyasar wilayah lainnya . Terutama difokuskan pada daerah –daerah dengan interaksi tinggi dan padat. “Kita terus bergerak mendukung target percepatan jumlah vaksinasi itu .  Berikutnya menjadi  sasaran Kelurahan  Loloan Timur, Loloan Barat,“ terang Tamba.

Dukungan serupa juga diharapkannya dari masyarakat agar ikut mensukseskan program vaksinasi. Bupati asal Desa Kaliakah ini menegaskan masyarakat tidak perlu takut divaksin. Terlebih ketakutan itu karena mendapat informasi yang belum pasti. Pemkab Jembrana juga disebutnya ,sudah  mendapat tambahan 25. 000 vial vaksin astra zenika. Sehingga stok vaksin harusnya tercukupi.  “Jangan takut, karena mereka yang divaksin jauh lebih aman dibandingkan dengan mereka  yang tidak. Tapi ingat tetap terapkan protokol kesehatan selama masa pandemi,“ tegasnya.

 Sementara  Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja I Komang Suparta pelaksanaan vaksinasi hari ini sesuai arahan menaker untuk mengisi peringatan may day  dengan kegiatan sosial dan kegiatan kreatif lainnya. Sehubungan dengan situasi  pandemi covid-19 yang masih berlangsung , dipilih kegiatan vaksinasi dengan total sasaran 400 karyawan.

“Kita pusatkan di pengalengan ikan PT Indohamafish. Jadi tidak hanya diikuti karyawan diperusahaan ini saja , tapi juga perusahaan lainnya yang beroperasi di Desa Pengambengan .  Sekaligus juga diisi dengan pemberian bingkisan kepada tenaga kerja di Pengambengan yang terdampak Covid-19,“ paparnya .

Ia berharap melalui vaksinasi menambah keamanan dan kenyamanan  karyawan dalam bekerja. “Mudah-mudahan dengan vaksinasi ini semua aman  , dan kegiatan ini  sebagai langkah nyata bersama untuk turut berpartisipasi meringankan beban pekerja/buruh yang terdampak Covid-19, " ujar  Komang Suparta.