Gelar Seminar Regional, Lembaga Keuangan BPR Bersama Koperasi dan LPD di Bali Sinergikan "Financial Assistance"

Baliberkarya.com-Denpasar. Pandemi Covid-19 dalam 1 tahun terakhir ini telah memporakporandakan sendi-sendi dasar kehidupan dan perekonomian bangsa sehingga menimbulkan krisis menyeluruh di berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Krisis yang sebelum-sebelumnya tidak pernah menyasar kesegmen bawah mengagetkan banyak pihak, termasuk di dalamnya berimbas besar kepada sektor mikro kecil yang di dalamnya terdapat Lembaga Keuangan seperti BPR, Koperasi dan LPD yang sangat terpukul. 

“Untuk itu kami berinisiatif menggelar seminar regional untuk menguatkan dan mensinergitaskan Lembaga Keuangan BPR, Koperasi dan LPD di Bali,” kata Direktur Utama Bank BPR Kanti Made Arya Amitaba di Hotel Grand Bali Beach, Sanur, Selasa petang (27/04/2021).

Seminar regional ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Arda Sukawati (Cok Ace), serta dihadiri Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Propinsi Bali Trisno Nugroho, Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, Giri Tribroto, serta keynote speech, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.

Menurut Amitaba, penguatan Lembaga Keuangan BPR, Koperasi dan LPD di Bali dalam hal Financial Assistance (Penyediaan Modal Kerja); Liquidity Mismatch (Mengalami Kesulitan Likuiditas); Capacity Building (Peningkatan Kompetensi SDM LKM) Tehnologi Informasi dan lain sebagainya dalam rangka menyongsong era baru BALI kemBALI, Bali Bangkit sangatlah penting disiapkan sedini mungkin. 

“Era baru BALI KemBALI, ekonomi Bangkit telah tampak dengan adanya dukungan penuh pemerintah pusat,” jelas Amitaba. 

Hal ini ditandai dengan telah berlangsungnya Pertemuan Pemulihan Ekonomi Bali, sarasehan akselerasi pemulihan ekonomi nasional temu stakeholder yang berlagsung pada 9-10 April lalu di Nusa Dua yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan, OJK dan Bank Indonesia dengan menghadirkan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dan Gubernur BI Perry Warjiyo yang mendukung penuh pemulihan ekonomi Bali.

Ledakan pertumbuhan ekonomi Bali terlihat sangat jelas di depan mata dengan berbagai dukungan kepada Bali sebagai bentuk wujud nyata semua sayang Bali. Pemerintah pusat dengan segala perangkat pendukung terkait pemulihan ekonomi Bali telah disiapkan.

Oleh karena itu, penting bagi Lembaga Keuangan BPR, Koperasi dan LPD di Bali sebagai garda terdepan dalam mendukung pemulihan ekonomi bali, Bali bangkit untuk menyusun langkah-langkah konkrit menyongsong Ledakan Pertumbuhan Ekonomi Bali tersebut.

“Untuk itu kami sengaja menyelenggarakan seminar regional dengan thema Penguatan & Sinergitas Lembaga Keuangan Daerah, BPR, Koperasi & LPD menyongsong Ledakan Kebangkitan Ekonomi BALI di Era New Normal BALI kemBALI dengan para peserta dari kalangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Koperasi dan LPD,” pungkas Amitaba.(BB).


TAGS :

Komentar