Bupati Tamba Pimpin Bhakti Penganyar dan Persembahyangan Kesejumlah Pura di Banyuwangi

  25 April 2021 PERISTIWA Jembrana

Foto: Humas Jembrana

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya, Jembrana - Guna memohon keselamatan dan kerahayuan jagad Bali dan Jembrana pada khususnya, bertepatan dengan Hari Raya Kuningan Bupati Jembrana I Nengah Tamba beserta istri Ny. Chandra Tamba dan Wakil Bupati Jembrana IGN Patriana Krisna, Pj Sekda Kabupaten Jembrana I Nengah Ledang melaksanakan Bhakti sembah ke sejumlah Pura Kahyangan Jagad yang ada di Kabupaten Banyuwangi,  Jawa Timur, Sabtu (24/4).

Pura yang didatangi diantaranya Pura Agung Giri Salaka Alas Purwo, Banyuwangi, Pura Penataran Giri Mulya Raung, Glenmore, Banyuwangi dan terakhir Pura Agung Blambangan Banyuwangi.

Pada hari pertama, Sabtu (24/4 ) di Pura Giri Salaka Alas Purwo dan Pura Penataran Giri Mulya Raung. Sedangkan, Minggu (25/4) melaksanakan  Bhakti Penganyar di Pura Agung Belambangan.

Prosesi upacara Pengubhaktian dituntun oleh Mangku Kardi, diawali dengan Nguncarang Mantram Puja Tri Sandya, yang dilanjutkan dengan menghaturkan Pengubhaktian dengan Panca Sembah.

Ketua Panitia, Katijan mengaku bangga atas kehadiran Pemkab Jembrana bisa melaksanakan Penganyar ke Pura Belambangan, lantaran ditengah Pandemi Covid-19 umat Hindu masih bisa menghaturkan sembah bhakti secara khusuk selama berlangsungnya upacara Piodalan.

“Saya merasa bangga atas kehadiran Rombongan Pemkab Jembrana bisa melaksanakan Bhakti Penganyar ke Pura Blambangan ditengah Pandemi Covid-19 yang masih melanda saat ini. semoga dikemudian hari dibawah kepemimpinan Bupati Tamba Kabupaten Jembrana bisa mengembalikan kejayaan Jembrana sebagai kabupaten yang inovatif,” ujarnya.

Bupati Tamba usai melakukan persembahyangan mengungkapkan, persembahyangan ini merupakan bentuk Sradha Bakti Pemerintah Kabupaten Jembrana kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang Berpahrayangan di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo. Juga untuk meningkatkan nilai-nilai dan jiwa spiritual sebagai umat beragama, sehingga kedepannya bisa menjalankan tugas dengan baik serta dengan hati yang bersih.

Di samping itu, persembahyangan ini juga diharapkan dapat memberi energi positif pada diri sebagai umat beragama serta kepada Jagat (bumi) ini, khususnya Jagat Bali dan Jembrana. Sehingga segala program yang digarap Kabupaten Jembrana bisa terpenuhi, sesuai dengan visi dan misi

“Semua diberikan kekuatan dan pikiran positif untuk bersama-sama membangun, bersama-sama bersumbangsih untuk kemajuan Jembrana yang kita cintai,” tuturnya.

Usai Bhakti Penganyarnya itu, selain menghaturkan sembah bhakti kehadapan Ida Bhatara yang berstana di Pura Agung Blambangan, Bupati I Nengah Tamba  juga menyerahkan punia untuk upakara yang diterima langsung oleh Manggala Prawantaka (Ketua panitia) Katijan. (Jun/ Humas)