Gelar Rakerda dan Rapimda, Golkar Bali Rumuskan Berbagai Program Penting Pro Rakyat

Foto: Rakerda dan Rapimda DPD Partai Golkar Provinsi Bali di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Sabtu (10/4/2021).

Baliberkarya.com-Denpasar. Rakerda (Rapat Kerja Daerah) dan Rapimda (Rapat Pimpinan Daerah) digelar DPD Partai Golkar Provinsi Bali menggelar  di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Denpasar, Sabtu (10/4/2021). Rakerda dan Rapimda Golkar Bali kali ini dimeriahkan pameran produk UMKM Bali bertajuk "Mini Expo" Bali Enterpreneur Academy Binaan DPD Golkar Bali. 

Para peserta Mini Expo ini merupakan lulusan Bali Enterpreneur Academy yang digelar Golkar Bali belum lama ini. Selain Mini Expo Bali Enterpreneur Academy Binaan DPD Golkar Bali digelar juga Expo Pertanian yang diikuti Petani Muda Keren binaan Golkar Bali.

Rakerda dan Rapimda Golkar Bali dihadiri Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar Dr. Akbar Tandjung, pengurus DPP Partai Golkar seperti Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu Dr. Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Wakil Sekretaris Jenderal Dico M Ganinduto, Wakil Bendahara Umum Agoes Silaban, Korwil Pemenangan Pemilu Bali, NTB, NTT Gde Sumarjaya Linggih (Demer), Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali AA Bagus Adhi Mahendra Putra (Gus Adhi).

Dari DPD Golkar Provinsi Bali hadir Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry, Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Bali Dr. Made Dauh Wijana serta jajaran pengurus, para Ketua DPD Partai Golkar di sembilan kabupaten/kota se-Bali serta pengurus, dan organisasi sayap Partai Golkar. Acara juga dihadiri Wakil Gubernur Bali  Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) serta para pimpinan partai politik (parpol) di Bali.

Ketua Panitia Penyelenggara Rakerda dan Rapimda Golkar Bali Dewa Made Suamba Negara dalam laporannya menyampaikan bahwa Rakerda dan Rapimda Golkar Bali ini membahas dan menambahkan program kerja nyata faktual DPD Golkar Bali sesuai doktrin karya dan kekaryaan untuk hadir dengan karya nyata dan solusi di tengah-tengah masyarakat.

Suamba Negara juga menyampaikan Golkar Bali telah menggelar Webinar yang bertemakan "Mewujudkan Keadilan dan Keselarasan Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Bali serta Pemerintah Daerah lainnya melalui Revisi UU Nomor 33 Tahun 2004 " yang dilaksanakan secara online dan offline pada Jumat, 2 April 2021 di Kantor DPD Golkar Bali.

Adapun hasil webinar ini telah disusun dalam bentuk buku dan kesempatan Rakerda dan Rapimda ini buku ini diserahkan kepada DPP Partai Golkar sebagai bentuk masukan dari Golkar Bali terhadap revisi UU 33/2004 yang telah masuk dalam Prolegnas Prioritas Tahun 2021 di DPR RI. Buku ini juga diserahkan kepada pimpinan parpol di Bali yang hadir.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Dr. Nyoman Sugawa Korry melaporkan konsolidasi organisasi Partai Golkar di Bali telah tuntas hingga ke tingkat desa yang selanjutnya diteruskan di tingkat Pokar/dusun se-Bali. Ia  menyampaikan berbagai program kerja Golkar Bali juga digodok dalam Rakerda dan Rapimda ini.

"Golkar Bali membangun Yellow Clinic dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Golkar Bali di Kantor DPD Golkar Bali. Fasilitas ini lengkapi pelayanan dan dekatkan Golkar pada masyarakat," ucap Sugawa Korry.

Menurut Wakil Ketua DPRD Bali ini, Golkar Bali juga segera membangun Studio Digital yang modern. Untuk pemberdayan koperasi dan UMKM hingga para petani dan peternak, Golkar Bali juga akan meluncurkan program Lembaga Pembinaan dan Pemberdayan Koperasi dan UMKM serta Lembaga Pembinaan dan Pemberdayan Petani dan Peternak.

Sugawa Korry mengaku Golkar Bali juga mendorong peningkatan SDM kader melalui berbagai diklat agar mampu menyampaikan ide, gagasan cemerlang dan implementatif untuk kesejahteraan masyarakat Bali. Golkar Bali juga mendukung program pembangunan Bali dimana salah satunya untuk menyeimbangkan struktur ekonomi Bali. 

"Ini telah dilakukan dengan menggelar webinar dan pemikiran Golkar Bali serta para pakar telah dirumuskan dalam bentuk buku," jelas Sugawa Korry.

Golkar Bali juga menegaskan komitmennya untuk terus mengawal dan mendukung program pemajuan dan penguatan desa adat di Bali. Golkar Bali telah menggelar webinar penguatan desa adat dan Golkar mendorong revisi Perda Desa Adat di Bali.

Menurutnya, arah dan kebijakan DPD Golkar Bali sejalan dengan rumusan webinar tentang Pemajuan dan Penguatan Desa Adat. Diantaranya memperkuat aspek regulasi, kelembagaan dan dukungan keuangan. 

"Desa adat ujung tombak terdepan dan setiap pembangunan dilandasi jiwa adat dan budaya Bali," terang Sugawa Korry.

Doktor lulusan Malang, Jatim ini menegaskan Golkar Bali akan selalu memberikan masukan kepada pemerintah sebagai partner pemerintah. Salah satunya, Golkar Bali telah menggelar Webinar yang bertemakan "Mewujudkan Keadilan dan Keselarasan Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Bali serta Pemerintah Daerah lainnya melalui Revisi UU Nomor 33 Tahun 2004 " yang dilaksanakan secara online dan offline pada Jumat, 2 April 2021 di Kantor DPD Golkar Bali.

"UU 33/2004 belum mencerminkan keadilan dan Golkar sejak 2011 usulkan kepada pemerintah agar UU 33/2004 direvisi. SDA material makin digali makin habis. Tapi SDA non material makin dibina, dilestarikan makin kuat," sentil Sugawa Korry.

Sugawa Korry juga mengaku berbagai program pro rakyat jadi perhatian serius yang telah dilakukan Golkar Bali untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 di Bali. Seperti pembagian 100 ribu masker, 40 ribu paket sembako, 1000 kantong darah, membentuk satgas tanggap bencana alam.

Lebih jauh Sugawa Korry mengakui Golkar Bali juga telah memberikan perhatian serius pada pembangunan pertanian Bali, dimana salah satunya mengembalikan kejayaan Bali sebagai salah satu eksportir vanili terbesar. 

"Aksi nyata mewujudkan visi ini dilakukan dengan memberikan bantuan 15 ribu stek bibit vanili kepada para petani," ungkapnya.

Selain itu, sambung Sugawa Korry, Golkar Bali juga mencetak generasi muda agar menjadi petani lewat Pendidikan Petani Muda Keren. Golkar Bali mendorong generasi muda jadi wirausaha muda dan bangga jadi pengusaha sukses lewat Bali Entrepreneur Academy.

"Semoga program itu agar Golkar lebih dikenal, dicintai dan jadi pilihan mas Bali. Kami optimis Golkar di Bali makin dapat simpati masyarakat Bali," ujar politisi asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng ini.

Di sisi lain Sugawa Korry juga menegaskan kembali dukungan Golkar Bali kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai Capres pada Pilpres 2024. Seluruh kader Golkar Bali juga memberikan apresiasi pada Ketum Airlangga mampu konsolidasian Partai Golkar dengan baik dan yang lebih membanggakan Airlangga mendapatkan kepercayaan sebagai Menko Perekonomian mengatasi pandemi Covid-19.

"Kami beri dukungan sepenuhnya beliau sebagai Capres. Kami yakin masyarakat Bali berikan dukungan sepenuhnya pada perjuangan Pak Airlangga," pungkas Sugawa Korry.

Sementara, Wakil Gubernur Bali  Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) dalam sambutannya mengapresiasi sumbangsih Golkar Bali dalam mendukung visi pembangunan Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali, lewat karya nyata dan program pro rakyat.

Sedangkan, Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Dr. Ahmad Doli Kurnia Tandjung dalam sambutannya mengatakan Rakerda dan Rapimda Golkar digelar di seluruh Indonesia menindaklanjuti Rakernas dan Rapimnas Partai Golkar yang digelar 5-6 Maret 2021 lalu di Jakarta. Ia bersyukur konsolidasi organisasi Golkar tetap bisa dilakukan di tengah tantangan berat yang dihadapi bangsa dalam menangani pandemi Covid-19.

"Pandemi mendorong terjadinya percepatan transformasi kultural di masyarakat. Ini great reset, momentum bangkit kembali. Makin besar ujian kita, kita akan mengalami lompatan besar," kata Ahmad Doli Kurnia Tandjung yang juga Ketua Komisi II DPR RI ini.

Doli berpesan Golkar Bali agar terus menggulirkan program-program pro rakyat dan terus menjaga soliditas organisasi. Ia pun mengapresiasi kesolidan parpol di Bali dalam menjaga persatuan dan kesatuan.

"Semoga Rakerda dan Rapimda ini dapat rumusan penting dan strategis untuk kejayaan Partai Golkar. Pimpinan parpol di Bali solid bersama, berlomba-lomba dalam kebaikan," tutup Ahmad Doli Kurnia Tandjung.(BB).


TAGS :

Komentar