Dikunjungi  Stafsus Menteri Desa, Bupati Tamba Minta  Dana Desa Prioritaskan Perberdayaan Masyarakat

Foto: Humas Jembrana

Baliberkarya, Jembrana - Bupati Jembrana I Nengah Tamba menerima silahturahmi sekaligus koordinasi dari Staf Khusus Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Ahmad Iman Sukri di Rumah Jabatan Bupati Jembrana, Jumat sore (2/4/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Sekda Jembrana I Nengah Ledang, serta Kepala OPD dilingkungan Pemkab Jembrana.

Kunjungan itu, selain dalam rangka koordinasi pemanfaatan dana desa tahun anggaran 2021 juga agar optimal sesuai prioritas penggunaannya.

Saat menerima kunjungan itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyebut prioritas Jembrana dalam pemanfaatan dana desa.

Menurutnya, dimasa pandemi Covid-19, dana desa harus dimanfaatkan lebih maksimal untuk pemberdayaan masyarakat. Selain juga guna melaksanakan pembangunan yang benar benar dibutuhkan warga desa penerima.

"Ditengah pandemi Covid-19, kita ingin pemanfaatan dana desa dimanfaatkan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Bagaimana kita membangkitkan semangat dari  pelaku-pelaku usaha mandiri yang ada di desa. Sehingga keberadaan dana itu benar benar dirasakan mereka," sebutnya.

Kesempatan itu, Ia juga meminta kepada Stafsus Kemendes untuk membantu peningkatan kompetensi aparatur desa. Terlebih dengan adanya dana desa menambah beban dan peran aparat desa dibawah. Sehingga perlu pengetahuan dan kompetensi lebih.

"Saya minta lebih sering diadakan bimtek peningkatan kompetensi aparatur desa. Ini untuk mengoptimalkan peran dari seluruh perangkat desa agar dapat  bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing - masing. Sehingga pengelolaan pemerintahan desa kedepannya bisa lebih baik lagi," tandasnya. 

Sementara itu, selaku staf khusus Kementerian Desa, Ahmad Iman menyampaikan kunjungan ke Jembrana ingin memastikan  dana desa dapat terserap dengan baik. Termasuk kualitas penyalurannya sesuai dengan regulasi yang ditentukan Kementerian Desa.

"Jembrana ini wilayah Bali paling barat. Kita juga berdiskusi bagaimana progress pembangunan dan pemberdayaan desa disini. Jembrana akan kita genjot desa wisata termasuk Bumdesnya. Tidak hanya didominasi Bali timur, peran desa wisata di Jembrana juga saya lihat aktif, sehingga perlu dioptimalkan lagi," sebutnya.

Sebagai pintu masuk Bali melalui jalur darat, Ia  menyebut vitalnya posisi Jembrana. Potensi  ini perlu dioptimalkan lagi sehingga Jembrana bisa menjadi miniatur bali. Termasuk pariwisatanya  juga hidup serta ekonominya masyarakatnya meningkat.

Secara pribadi Ia juga mengucapkan selamat atas dilantiknya I Nengah Tamba sebagai Bupati Jembrana periode 2021 - 2024.

"Saya ucapkan selamat ,semoga dapat mengemban tugas dengan baik. Kemudian tetap pro dan  peduli dengan masyarakat Jembrana," tutupnya. (Jun/ Humas)


TAGS :

Komentar