Gagas Forum Indonesia Bangkit, CIMB Niaga Bangunkan Optimisme dalam Percepatan Pemulihan Ekonomi

  01 April 2021 EKONOMI Nasional

Head of Marketing, Brand, and Customer Experience CIMB Niaga *Toni Darusman* (kanan) sedang memberikan penjelasan didampingi Internal Communication and Event Sponsorship Group Head CIMB Niaga *Hery Kurniawan* pada konferensi pers Forum Indonesia Bangkit bertema “Strategi Sektor Kesehatan untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi” yang dilakukan secara virtual di Jakarta, Kamis (1/4/2021).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jakarta. Perekonomian Indonesia pada 2021 diyakini dapat bangkit dengan ditopang oleh gencarnya upaya pemulihan di sektor kesehatan (healthcare system). Pemerintah bersama semua pihak telah memberikan perhatian serius kepada sektor kesehatan, terutama melalui program vaksinasi Covid-19.

Keberhasilan vaksinasi diiringi dengan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan oleh seluruh masyarakat menjadi salah satu faktor kunci untuk mengembalikan aktivitas dan produktivitas nasional sehingga pemulihan ekonomi dapat segera tercapai.  

Sebagai salah satu elemen bangsa yang peduli kepada masa depan Indonesia, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berinisiatif menyelenggarakan rangkaian Forum Indonesia Bangkit. Melalui kegiatan ini, CIMB Niaga menyiapkan ruang virtual bagi nasabah dan masyarakat untuk memperoleh informasi terbaru, perkembangan terkini, dan insight yang relevan dengan sektor usaha masing-masing.

Sehingga dapat menjadi pedoman, inspirasi, dan meningkatkan optimisme untuk menentukan arah bisnis ke depan dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi. Dalam Forum Indonesia Bangkit pertama yang akan dilaksanakan pada 6 April 2021, CIMB Niaga mengusung tema “Strategi Sektor Kesehatan untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi”. 

“Sektor kesehatan menjadi perhatian penting dalam Forum Indonesia Bangkit untuk memberikan informasi terbaru dan perkembangan terkini tentang strategi dan upaya serius pemerintah dan swasta serta peran semua pihak dalam mempercepat penanganan pandemi. Hal ini diharapkan dapat membangun optimisme nasabah dan masyarakat untuk menentukan arah bisnis ke depan dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional,” kata Head of Marketing, Brand, and Customer Experience CIMB Niaga Toni Darusman pada konferensi pers Forum Indonesia Bangkit yang dilakukan secara virtual di Jakarta, Kamis (1/4/2021). 

Toni menjelaskan, Forum Indonesia Bangkit pertama akan menghadirkan nara sumber utama. Acara akan dibuka oleh Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan, yang akan menyampaikan upaya-upaya perbankan dalam mengatasi dampak pandemi khususnya dari sisi ekonomi. Perbankan akan terus mendukung pemerintah dalam membangun optimisme para pelaku usaha dan masyarakat agar bisa memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi melalui berbagai stimulus yang telah dikeluarkan pemerintah.

Selanjutnya, forum ini juga mendapatkan kehormatan dengan kehadiran Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) K.H. Ma’ruf Amin yang menyampaikan keynote speech tentang pentingnya kesiapan dunia usaha untuk berperan aktif dalam pemulihan ekonomi nasional yang diyakini mulai dirasakan pada 2021 dan semakin membaik di tahun-tahun mendatang. 

Adapun perhatian serius pemerintah terhadap penanganan pandemi dari sisi kesehatan akan dipaparkan lebih lanjut oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin. Strategi yang solid dan upaya bersama dalam membangun sektor kesehatan dapat menghasilkan masyarakat yang sehat dan produktif. Diyakini, kesehatan selalu berkorelasi dengan ekonomi. 

“Kita mengapresiasi pemerintah dan para pejuang kesehatan yang telah bekerja keras mengatasi pandemi, salah satunya melalui program vaksinasi yang saat ini sedang berlangsung secara nasional dan bertahap. Keberhasilan program ini akan menjadi faktor penentu dalam menggerakkan kembali roda perekonomian kita,” kata Toni.

Kolaborasi mutlak diperlukan

Kolaborasi dari semua pihak mutlak diperlukan. Oleh karenanya, dalam forum ini juga hadir para nara sumber utama dari sektor kesehatan, ritel, dan properti, yaitu CEO PT Siloam International Hospitals Tbk Caroline Riady, Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Tbk Anggara Hans Prawira, dan Managing Director Sinar Mas Land Alim Gunadi.

Ketiganya akan berbagi pandangan dan menyampaikan perkembangan terkini baik dari sisi strategi meningkatkan public health, maupun indikator pertumbuhan sektor ritel dan properti yang mulai bangkit sejalan dengan berangsur pulihnya aktivitas masyarakat dan kegiatan ekonomi. 

“Kehadiran para nara sumber mewakili unsur pemerintah dan swasta tersebut menjadi bukti bahwa sebagai bangsa yang besar, semangat gotong royong dalam memikul beban bersama masih terus menyala. Tantangan sebesar apapun bisa diselesaikan dan Indonesia akan menjadi bangsa yang lebih tangguh ke depan,” ujar Toni. 

Seperti diketahui, Forum Indonesia Bangkit digagas sebagai platform diskusi virtual yang mempertemukan para pengambil kebijakan, pakar dari berbagai bidang, dan nasabah CIMB Niaga. Kegiatan ini akan dilaksanakan sepanjang 2021 dengan beragam topik seperti Usaha Kecil dan Menengah, Syariah, digital transformation, dan economic outlook. 

CIMB Niaga membantu nasabah dan masyarakat memperoleh informasi terbaru, perkembangan terkini, dan insight yang relevan dengan sektor usaha masing-masing, sehingga dapat menjadi pedoman, inspirasi, dan meningkatkan optimisme untuk menentukan arah bisnis ke depan.(BB).