BKKBN Sosialisasikan Pendataan Keluarga Gandeng Komisi IX DPR RI di Desa Manggissari

  28 Maret 2021 PERISTIWA Jembrana

Foto: Kegiatan Sosialisasi Penguatan Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana. BKKBN Provinsi Bali bersama Komisi IX DPR RI di Desa Mangissari. Sabtu (27/3/2021)

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya, Jembrana - Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Agus P. Proklamasi bersama Komisi IX DPR RI, I Ketut Kariyasa Adnyana melaksanakan sosialisasi terkait Penguatan Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana.

Kegiatan yang digelar di Balai Banjar, Desa Manggissari, Pekutatan, Jembrana, Sabtu (27/3/2021) dihadiri juga oleh Inspektur Wilayah III BKKBN Pusat, Kusmiadi, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana Kabupaten Jembrana , Ni Kade Ari Sugianti dan Perbekel Desa Mangissari I Ketut Suarjana.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Agus P. Proklamasi mengatakan sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat berkaitan dengan kondisional untuk memberikan advokasi kepada masyarakat dalam rangka pendataan keluarga yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia mulai 1 April - 31 Mei 2021.

"Kegiatan pendataan keluarga ini sangat penting sekali sebagai pendataan untuk mendapatkan data mikro, data mikro merupakan semua komponen yang ditanyakan di masing-masing keluarga" ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, data mikro bertujuan akan memberikan manfaat sebagai dasar bagi pemerintah dalam menyediakan kebutuhan keluarga Indonesia dalam perencanaan kehidupan di berbagai aspek sehingga dapat menjamin fungsi keluarga dengan baik.

"BKKBN tidak bisa bekerja secara sendiri, maka bersama mitra-mitra terkait baik TNI/Polri, Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Desa Adat/Dinas kita libatkan secara keseluruhan. Maka bersama para kader pendata, kita berikan mereka pelatihan agar mendapatkan data yang valid," imbuhnya.

Sementara itu Komisi IX DPR RI, I Ketut Kariyasa Adnyana, mengatakan kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk sinergitas legislatif. Sesuai fungsinya Komisi IX DPR RI merupakan salah satu wujud akuntabilitas pelayanan publik yang bermitra bersama kementerian kesehatan, terlebih dimasa pandemi Covid-19 sebagai tugas berat yang harus dilakukan.

"Meskipun suasana Pandemi Covid-19, BKKBN yang bermitra dengan Komisi IX DPR RI punya tugas besar dalam upaya menurunkan angka stunting. Targetnya harus menurun, maka dari itu sosialisasi pendataan penting sekali,"  ujar Kariyasa, politisi asal Busungbiu, Buleleng. 

Terkait terdampaknya sektor pariwisata dan pertanian agar perlahan bangkit kembali, ia menekankan beberapa faktor penting yang harus tetap dilakukan di masa pandemi ini yakni tetap mematuhi protokol kesehatan serta berharap vaksinasi secepatnya tuntas. "Harapan terbesar kita vaksinasi yang dilakukan, agar vaksinasi dipercepat, untuk dibukanya pariwisata," harapnya.

Diakhir acara, sosialisasi yang digelar selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat, juga memadukan budaya dan kearifan lokal menghadirkan seni tari bondres. (Jun/ BB)