Aktif Perjuangkan Aspirasi Masyarakat di Parlemen, Supadma Rudana Raih Penghargaan Teropong Parlemen Award 2021

  18 Maret 2021 TOKOH Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jakarta. Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Demokrat, Putu Supadma Rudana dari daerah pemilihan Bali berhasil memenangkan Teropong Parlemen Award (TPA) 2021. Politisi ramah yang kerap disapa PSR ini meraih TPA 2021 dalam kategori Tokoh Peduli Daerah.

Politisi muda Partai Demokrat kelahiran Denpasar 23 April 1974 itu dinilai sebagai salah satu anggota parlemen yang aktif dalam menyampaikan dan memperjuangkan hak-hak serta aspirasi masyarakat terutama di daerah pemilihannya di Bali. 

Tak hanya itu, Supadma Rudana juga dianggap kerap memperjuangkan hak masyarakat daerah salah satunya adalah dengan menyentuh ekonomi kreatif di tingkat terendah yakni melakukan pendampingan untuk rakyat kecil di desa-desa dan dilaksanakan dengan beberapa strategi yang dimilikinya.

"Saya bekerja tulus dan sesuai konstitusi. Apa yang saya perjuangkan tidak hanya pada mitra kerja di komisi (Komisi X DPR RI) tapi pada sektor lainnya utamanya saat rakyat kesulitan di masa pandemi Covid ini saya juga bantu," ucap Supadma Rudana, Kamis (18/03/2021).

"Disamping itu dalam masa pandemi ini berbagai bantuan saya salurkan mulai dari alat kesehatan, sembako juga berbagai bantuan untuk mensupport kepuliham UMKM sudah saya dilakukan," imbuh Supadma Rudana.

Wasekjen Demokrat ini juga dikenal senantiasa memperjuangkan kepentingan Bali baik kepariwisataan, seni budaya dan ekonomi kreatif juga berbagai hal yg membantu masyarakat secara konkret terus dilakukannya. Contohnya, Supadma Rudana telah melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menyuarakan daerah 3T Bali yakni Nusa Penida serta memperjuangkan peningkatan sarana prasarana pariwisata baik infrastruktur maupun suprastruktur termasuk mendorong peningkatan dukungan dan pendampingan kepada IKM dan UMKM yang menjadi sokoguru perekonomian nasional.

"Berbagai bantuan PKBM dan CSR bagi tempat suci fasilitas umum desa serta peningkatan sarana dan prasarana pariwisata ditingkat desa dan banjar terus saya lakukan," terang Direktur Penelitian, Pengembangan dan Budaya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini.

Sebagai Wakil Ketua BKSAP, Supadma Rudana juga senantiasa menjembatani kerjasama di berbagai bidang antara Provinsi Bali dengan provinsi lainnya dan secara substansi dan berkesinambungan mendorong berbagai kerjasama ekonomi, perdagangan dan pariwisata.

Tokoh muda lulusan S2 Master of Bussiness Administration, Webster University of St. Louis, USA ini juga diketahui selama ini sebagai duta parlemen dan corong diplomasi parlemen yang senantiasa mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia khususnya Bali sebagai magnet pariwisata Indonesia untuk dunia. 

"Saya juga kerap menggaungkan seni budaya dan kearifan lokal Bali sebagai sumbangsih dalam memberikan perspekif sekala niskala kepada dunia, serta menggaungkan Tri Hita Karana, subak serta kearifan lokal Bali lainnya juga kerap saya lakukan," ungkapnya.

Pemilik Museum Rudana ini juga dikenal konsen dalam penggaungan pariwisata ekonomi kreatif, infrastruktur darat laut dan udara serta pendidikan, peningkatan SDM dan peningkatan status perguruan tinggi di Bali. Serta memposisikan perguruan tinggi yang berbasis vokasi dan kearifan lokal Bali serta agama Hindu agar menjadi jatidiri kepariwisataan Bali.

Sementara itu, dalam penghargaan Teropong Parlemen Award (TPA) 2021 ini terdapat 10 kategori yang disiapkan untuk para wakil rakyat yang sesuai dengan bidangnya dan alah satunya adalah kategori Tokoh Peduli Daerah. 

Adapun indikator dari kategori tersebut yakni diperuntukkan bagi tokoh yang memiliki kekuatan di daerah atau wakil rakyat yang berhasil menyerap dan menyampaikan aspirasi bagi masyarakat di daerahnya dan berhasil melaksanakannya dengan bentuk kebijakan-kebijakan di parlemen serta mampu menyalurkan dan merealisasikan aspirasi rakyat dari daerah ke tingkat pusat.(BB).