Walikota Jaya Negara Saksikan Pengukuhan Bendesa Adat Penatih

  13 Maret 2021 PERISTIWA Denpasar

Teks Foto : Wali Kota Denpasar, IGN. Jaya Negara saat menghadiri dan menyaksikan pengukuhan Bendesa dan Prajuru Adat Desa Penatih masa bakti 2021-2026, Sabtu (13/3) bertempat di Wantilan Desa Adat Penatih.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Denpasar - Wali Kota Denpasar, IGN. Jaya Negara  hadir menyaksikan pengukuhan Bendesa dan Prajuru Adat Desa Penatih masa bakti 2021-2026, Sabtu (13/3) bertempat di Wantilan Desa Adat Penatih.

Sebelum dilakukan pengukuhan  dilaksanakan prosesi mejaya-jaya segenap prajuru serta pecalang Desa Adat Penatih.

Wali Kota Denpasar, IGN. Jaya Negara mengucapkan selamat dengan telah dikukuhkannya Jro Bendesa Adat Penatih yang baru yaitu, I Wayan Eka Yana oleh Majelis Desa Adat Denpasar. Tentu harapan kami kedepan bisa membangun sinergitas dan Kerjasama dengan pemerintah Kota Denpasar terutama didalam menjaga Denpasar ini agar lebih aman, tertib khususnya di dalam pemberdayan adat.

Apalagi sekarang ada undang-undang Pemajuan Kebudayaan tentu Denpasar yang mempunyai visi kota berbasis budaya ini sangat perlu dukungan dari desa adat.

“Semoga dengan dilaksanakannya pengukuhan ini, diharapkan dapat mengemban amanat masyarakat Desa Adat Penatih menjadi sejahtera serta segala tujuan dan harapan dalam mengemban amanat masyarakat  sebagai Bendesa di Desa Adat Penatih dapat tercapai serta kita bisa bekerja sama dalam menjaga dan memajukan Desa Adat Penatih khususnya juga untuk Kota Denpasar," ujar Jaya Negara.

Ketua MMDP Kota Denpasar, AA. Ketut Sudiana mengatakan dewasa ini ditengah derasnya arus perubahan yang terjadi menjadi tantangan tersendiri bagi Desa Adat dalam mengembangkan perannya serta memperkuat jati diri sebagai modal utama mendukung pembangunan yang berwawasan budaya. Dengan dilantiknya Bendesa Adat Penatih, pihaknya mengajak bersama-sama menjaga dan memperkuat Desa Adat di era globalisasi ini.

“Ini merupakan wujud nyata memaksimalkan peran Desa Adat di dalam menentukan arah kebijakannya mendukung pembangunan dan memperkuat jati diri masyarakat Bali,” ujarnya.

Sementara Bendesa Adat Penatih, I Wayan Eka Yana mengatakan dirinya akan terus berupaya semaksimal mungkin di dalam mengabdi kepada masyarakat. Hal ini juga merupakan amanah kepada dirinya untuk selalu berupaya menciptakan keharmonisan masyarakat dan selalu bersinergi dengan tokoh adat, dinas maupun Pemerintah sehingga menciptakan keselarasan serta kedamaian.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar, krama Desa Adat Penatih serta semua komponen yang terlibat dalam kegiatan ini, semoga apa yang kita harapkan bersama bisa berjalan sesuai dengan rencana”, ungkapnya. (BB/HMS)