Wujudkan "Alas Dadi Abian", Gus Adhi Bantu Ribuan Bibit Buah Kualitas Unggul Komoditi Ekspor

Anggota Komisi IV DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) atau Gus Adhi bantu warga ribuan bibit buah berkualitas.

Baliberkarya.com-Singaraja. Meski ditengah pandemi, Anggota Komisi IV DPR RI yang juga Ketua Depidar XXI SOKSI Provinsi Bali, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) seolah tak mengenal lelah menolong dengan terus "bergerilya" keliling Bali membantu warga.

Kali ini, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) yang akrab disapa Gus Adhi, Sabtu petang (27/02/2021) membantu 1.000 bibit buah kepada Kelompok Tani Wana Sari Desa Patas, Kecamatan Gerogak, Kabupaten Buleleng. Ribuan bibit berkualitas unggul itu secara simbolis diserahkan yang terdiri dari durian, alpukat, mangga, dan jambu berbagai varietas. 

Kepada anggota kelompok tani, Gus Adhi mengatakan, pemberdayaan petani dengan kearifan lokal akan terus didorong dan diberdayakan. Selain akan meningkatkan kesejahteraan petani, hal itu juga untuk memperkuat keberadaan buah-buahan lokal Bali khususnya buah-buahan komoditi ekspor. 

"Tolong bibit buah-buahan ini dipelihara dan ditanam dengan baik dan benar. Caranya bagaimana, atur jaraknya, kedalaman tanahnya, ini subak abian jadi harus benar-benar jadi abian, tidak seperti sekarang ini kayak alas," ucap Gus Adhi sambil tersenyum dan menunjuk ke arah abian milik warga.

Tokoh asal Kerobokan Badung menilai Kabupaten Buleleng ini memiliki potensi pertanian yang luar biasa jika diolah dengan baik maka akan dapat memberi manfaat besar bagi kesejahteraan petani. Untuk buah-buahan, Gus Adhi mengingatkan agar bibit buah-buahan yang diserahkannya kali ini dirawat dengan baik untuk memperoleh hasil yang maksimal. 

"SOKSI sudah mampu ekspor buah manggis ke Cina beberapa waktu lalu yang merupakan bibit yang kita serahkan ke petani. Jadi potensinya besar sekali apalagi permintaan buah lokal Bali di luar negeri cukup tinggi, saya harapkan itu bisa dimaksimalkan," harap pria murah senyum dan kerap menolong ini seraya menyerahkan puluhan baju kaos untuk warga yang hadir.

Terkait bantuan Gus Adhi ini, Ketua Kelompok Tani Wana Sari Made Suwitra menyampaikan terima kasih atas bantuan bibit pohon buah-buahan yang telah diperjuangkan Gus Adhi. 

"Astungkara terima kasih niki Gung Aji. Kedepan kami juga berharap bisa dibantu lagi bibit durian dan manggis," pintanya yang disambut tepuk tangan warga.(BB).


TAGS :

Komentar