Lantik SOKSI Z di Buleleng, Gus Adhi: SOSKI Z Jadi Agen Pembangunan dan Pemimpin Bangsa di Masa Depan

Baliberkarya.com-Singaraja. Pasca dibawah komando Ketua Depidar (Dewan Pimpinan Daerah) SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) Provinsi Bali AA Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) atau yang akrab disapa Gus Adhi, Generasi muda khususnya generasi Z (Gen Z) Bali semakin antusias untuk bergabung ke wadah organisasi SOKSI Z sebagai salah satu tiang pembangunan SDM anak bangsa. 

SOKSI Z menjadi wadah belajar berorganisasi dan menyiapkan kader-kader calon pemimpin bangsa di masa depan. SOKSI Z adalah tunas muda SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) yang beranggotakan generasi Z mulai dari dari siswa kelas 1 SMA/SMK sederajat hingga mahasiswa perguruan tinggi semester 3. 

SOKSI Z ini merupakan salah satu bagian dari delapan aksi "Gerakan SOKSI Membangun" yang digulirkan Ketua Depidar (Dewan Pimpinan Daerah) SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) Provinsi Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) di awal tahun 2021. 

Kepengurusan SOKSI Z pun kini terus dibentuk di daerah-daerah di Bali seperti di Kabupaten Buleleng yang ditargetkan hingga akhir tahun 2021 ini kepengurusan SOKSI Z sudah terbentuk di semua kecamatan. Pada Sabtu sore (27/2/2021) dikukuhan dan lantik pengurus SOKSI Z Kabupaten Buleleng dan SOKSI Z Kecamatan Banjar dan peluncuran sebanyak 210 KTA SOKSI Berasuransi untuk kader dan pengurus SOKSI Z di Kabupaten Buleleng yang digelar di Bali Lovina Beach Cottage, Buleleng.

“Kami siapkan regenerasi melalui SOKSI Z. Kami tidak mau SOKSI sebagai organisasi pencetak kader terputus di tengah jalan, tidak mau generasi muda salah pergaulan, sehingga kami ajak mereka mengabdi di masyarakat,” ucap Gus Adhi.

Anggota Fraksi Golkar DPR RI ini mengungkapkan anggota SOKSI Z ini juga langsung dibekali proteksi asuransi SOKSI (asuransi jiwa dan kesehatan). Mereka juga akan dibekali berbagai program pembentukan karakter dan pemberdayaan hingga diajak melakukan pengabdian di tengah-tengah masyarakat.

Bahkan dalam waktu dekat yakni di bulan Maret 2021, anggota SOKSI Z ini akan dilatih menjadi petani muda. Untuk tahap awal pelatihan akan digelar di lima daerah yakni Badung, Denpasar, Buleleng, Jembrana, dan Bangli.

“Kami ingin SOKSI Z sebagai pelaksana dan agen pembangunan seperti di sektor pertanian dan kami ingin SOKSI Z menjadi SDM unggul," jelas politisi Golkar asal Kerobokan, Badung ini.

Gus Adhi yang juga Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, lingkungan hidup, kehutanan dan kelautan ini mengingatkan agar tetap berpegang teguh terhadap spirit perjuangan SOKSI bahwa sebagai insan karyawanisme (bukan karyawan yang dapat gaji bulanan) adalah manusia yang penuh karya berbasiskan karya kekaryaan.

"Sesuai pesan pendiri SOKSI almarhum Prof Suhardiman, kader SOKSI dalam melakukan karya kekaryaan haruslah 'Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe.' Artinya tanpa pamrih tapi banyak berkarya," terang Gus Adhi yang juga Ketua Harian Depinas SOKSI ini.

Sementara, Ketua Depicab SOKSI Kabupaten Buleleng Ketut Narendra Putra mengungkapkan pihaknya ingin mencetak generasi muda tangguh melalui SOKSI Z ini. 

“SOKSI Buleleng punya tagline SOSKI Menyongsong Matahari. Progam tahap pertama kita bentuk SOKSI Z sebagai generasi penerus dan kader muda yang tangguh,” kata Narendra.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua SOKSI Z Kabupaten Buleleng Putu Artawan mengakui generasi muda di Buleleng sangat antusias bergabung di SOKS Z. 

“Kami para generasi muda ingin gabung di SOKSI Z untuk belajar organisasi, agar ada bekal melangkah ke depan,” ungkapnya dan menyebutkan KTA SOKSI berasuransi juga bermanfaat bagi generasi muda ini.

Hal senada disampaikan Ketua SOKSI Z Kecamatan Banjar Dewa Ayu Rosiani bahwa dirinya ingin mengembangkan potensi diri di SOKSI Z. Menurutnya, SOKSI Z Kecamatan Banjar punya motivasi untuk lebih memperkenalkan pencak silat di Buleleng.

“Kami bisa mengembangkan potensi diri, apalagi nanti ada banyak pelatihan di SOKSI Z,” jelas gadis pecinta seni bela diri pencak silat dan anggota PSPS Bakti Negara ini. 

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Buleleng IGK Kresna Budi mengapresiasi kehadiran SOKSI Z ini sebagai kader penerus perjuangan. “Kami akan dukung program-program SOKSI Z,” pungkas Anggota DPRD Bali Dapil Buleleng ini.(BB).


TAGS :

Komentar