Puluhan Rumah di Pebuahan Diterjang Abrasi 

Foto: Abrasi yang terjadi di Pesisir Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara.

Baliberkarya, Jembrana - Saat cuaca yang tidak bersahabat akhir-akhir ini menimbulkan sejumlah persoalan dan bencana di wilayah Jembrana.

Seperti halnya gelombang tinggi terjadi di Pantai Bali selatan tepatnya di obyek wisata Desa Banyubiru, Negara yang terkenal dengan warung ikan bakar pesisir Pebuahan, dihantam abarasi yang keras akibatkan puluhan rumah hancur.

Berdasarkan laporan warga setempat, abrasi terjadi pada Sabtu malam (06/02) dengan perlahan menyebabkan abrasi di wilayah itu kian parah.

Salah satu warga, Giyem mengatakan abrasi yang terjadi sebelumnya membuat rumahnya tinggal setengah, kemarin malam abrasi kembali datang sehingga rumahnya roboh.

Ia juga menuturkan, akibat dari abrasi tersebut semua barang perlengkapan rumah dibawa hanyut air laut. "Sekarang saya tidak mempunyai apa-apa lagi, memang saya bertahan disini dikarenakan tidak mempunyai tempat tinggal," ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Banyubiru I Komang Yuhartono mengatakan, pihaknya sebelumnya memang sudah menginformasikan keadaan ini kepada pemerintah dan juga menjembatani aspirasi warga untuk memohon bantuan penanganan abrasi.

Ia melanjutkan, pihaknya juga sudah menyampaikan ke Pemkab Jembrana dikarenakan kewenangan ada di pusat, pihaknya juga tidak bisa berbuat banyak, ucap Yuhartono. (BB)


TAGS :

Komentar