Ombak Besar Terjang Kurma Asih Perancak

  02 Februari 2021 PERISTIWA Jembrana

Photo: Fenomena air laut yang meluap ke daratan ini berdampak pada kerusakan di wilayah pesisir. 

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya, Jembrana - Ombak pasang air laut akibatkan sejumlah senderan jebol, hingga merusak fasilitas Konservasi Penyu Kurma Asih di Desa Perancak, Senin (01/02/2021) dini hari. 

Sejumlah daerah pesisir pantai di Kabupaten Jembrana alami ombak besar semenjak tiga hari lalu, ombak pasang menerjang beberapa wilayah terparah dialami Desa Perancak, ombak besar itu juga memasuki rumah-rumah warga hingga merendam akses jalan. Salah satu tempat terparah dari kejadian itu terjadi di tempat Konservasi Penyu Kurma Asih Desa Perancak. 

Koordinator Konservasi Penyu Kurma Asih Desa Perancak, Wayan Anom Astika Jaya mengatakan ombak besar menerjang beberapa sarana prasarana mengakibatkan kerusakan cukup parah, kuatnya hantaman ombak juga akibatkan dibeberapa titik senderan pengaman jebol.

"Ombak besar menerjang daratan dimulai setiap dini hari, tadi pagi menjadi yang terparah, beberapa fasilitas rusak, hingga ombak besar juga membawa batu-batu naik ke permukaan hingga ke halaman rumah warga, sejumlah warga tidak bisa tidur karna ombak yang sangat tinggi," paparnya. 

Salah satu warga Desa Perancak, Banjar Mekarsari, Ketut Suprapmi juga mengku sejak 40 tahun tinggal di Perancak baru kali ini melihat gelombang pasang air laut yang sangat tinggi. "Kalau pasang setiap malam kami sampai tidak tidur. Apalagi semalam air laut sangat tinggi. Semoga robnya tidak lagi naik sampai permukiman warga” ungkapnya. (BB)