Cuaca Buaruk, Nelayan Jembrana Ramai-Ramai Parkir Perahu

Ket Poto : Sejumlah perahu diparkir nelayan lantaran cuaca buruk

Baliberkarya.com-Jembrana. Etensitas hujan yang tinggi di wilayah Jembrana belakangan ini mengakibatkan cuaca di perairan Jembrana memburuk. 


Hujan deras dosertai angin kencang, menimbulkan gelombang tinggi dan arus cukup deras di perairan Jembrana. Kondisi tersebut tentu saja membayakan nelayan yang melaut, bahkan berpotensi menimbulkan kecelakaan laut.


Tidak mau ambil resiko buruk, sejumlah nelayan di Jembrana, baik nelayan tradisonal maupun nelayan moderen ramai-ramai menambatkan (memarkir) perahunya karena tidak berani melaut.


Kondisi tersebut menyebabkan Jembrana paceklik ikan. Praktis nelayan Jembrana tidak memiliki pendapatan. Untuk mengisi waktu luang, sejumlah nelayan memilih menyervis perahunya dan alat tangkap lainnya. Ada pula yang bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


"Sudah beberapa hari saya tidak bisa melaut karena cuaca buruk. Untuk kebutuhan sehari-hari terpaksa saya bekerja serabutan," ujar Madek, salah seorang nelayan asal Jembrana, Senin (18/1/2021).


Menurutnya, akibat cuaca buruk tersebut, banyak nelayan tidak melaut dan memilih memarkir perahunya di dermaga. Baik itu perahu kecil maupun perahu slerek. Jikapun dipaksakan melaut, disamping membahayakan keselamatan juga sulit mendapatkan ikan.


Kondisi tersebut di benarkan oleh Angger, pengepul ikan asal Desa Air Kuning, Jembrana. Menurutnya, sejak beberapa hari belakangan ini sulit mendapatkan ikan untuk dijual ke pasar lantaran nelayan tidak ada yang melaut.


"Tidak ada ikan sekarang. Saya sudah hampir seminggu tidak jual ikan di pasar karena nelayan tidak ada yang melaut akibat cuaca buruk," tuturnya.


pantauan redaksi di Dermaga Pengbemgan, Negara, banyak perahu besar dan kecil parkir di dermaga. Kondisi termaga juga terlihat sepi tidak ada aktipitas nelayan maupun aktipitas para pemgepul hasil tangkap.


Demikian juga di wilayah ujung Desa Perancak, dan pelabuhan rakyat di Desa Air Kuning, Jembrana. Sejumlah perahu kecil dan besar terlihat terpakir. Beberapa nelayan terlihat sedang memperbaiki perahu dan alat tangkap laimnya. Komdisi tersebut terjadi lantaran cuaca buruk dan nelayan tidak berani melaut.(BB)

 


 


TAGS :

Komentar