Mih Dewa Ratu! Sungai Medewi Meluap, Rumah Warga dan Belasan Sapi Hanyut Disapu Banjir

Ket poto : Musibah banjir di Banjar Loloan, Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Jembrana.

Baliberkarya.com-Jembrana. Hujan deras yang mengguyur wilayah Jembrana, Kamis (14/1) petang hingga malam kemarin, membuat sungai Medewi di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Jembrana meluap.


Meluapnya sumgai tersebut memgakibatkan air naik ke pemukiman warga dengan arus yang sangat deras. Sejumlah rumah warga di Banjar Loloan dan banjar Yehsatang disapu banjir.


Selain merendam puluhan rumah warga, banjir juga menganyudkan tiga bangunan dapur dan satu rumah timggal milik warga. Ironisnya, tiga dapur dan satu rumah tinggal yang ambruk dan hanyut dibawa banjir adalah milik warga yang tergolong tidak mampu.


"Dapur-dapur dan rumah tinggal yang hanyut semuanya di banjar Loloan, diantaranya milik Misbah,

Agus Suparwan dan Sbahan serta Ali Munah," terang Perbekel Medewi Nengah Wirama, Jumat (15/1/2021).


Menurutnya, air sungai Medewi mulai meluap sekitar pukul 23.30 Wita karin dan baru mulai surut pada Jumat (15/1) sekitar pukul 03.00 dini hari. Namun air yang menggenangi rumah warga baru surut siang tadi. 


Lanjut Wirama, banjir selain menghanyutkan dapur dan rumah tinggal warga, juga menghanyutkan sejumlah ternak milik warga, diantaranya sapi dan kambing. Ada belasan ekor sapi dan kambing dilaporkan hanyut di bawa banjir.


"Laporan yang saya terima dari warga ada 12 ekor sapi besar hanyut di bawa banjir dan tiga ekor kambing juga hanyut," ujarnya.


Siang tadi menurut Wirama, satu ekor sapi yang hanyut ditemukan dalam komdisi hidup. Sedangkan 11 ekor sapi lainnya dan juga tiga ekor kambing ditemukan telah mati.


Pihak BPBD Jembrana menurut Wirama juga telah turun ke lokasi bencana untuk melakukan pengecekan dan pemdataan. Pihak BPBD juga telah memberikan bantuan kepada warga-warga yang terdampak langsung.(BB)

 


 


TAGS :

Komentar