Lestarikan Budaya Rias Pakem Leluhur, Pengurus DPC HARPI Denpasar Dilantik Saat Hari Ibu

  22 Desember 2020 SOSIAL & BUDAYA Denpasar

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Bertepatan dengan perayaan Hari Ibu yang jatuh pada tanggal (22/12/2020), Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) “Melati” DPC Kota Denpasar melantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HARPI Kota Denpasar Periode 2020-2024 di Hotel Grand Santhi, Denpasar.

Pelantikan kali ini mengambil tema “Dengan dilantiknya DPC HARPI Melati Kota Denpasar Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Budaya Perias Pengantin Pakem, Untuk Menyonsong Indonesia Satu Yang Lebih Baik Sebagai Kiat Sukses Membangun Jiwa Profesionalisme”.

Ketua DPD HARPI Provinsi Bali, Made Lilin Handayani mengatakan kedepan HARPI Melati Kota Denpasar akan senantiasa melestarikan budaya rias yang sesuai dengan pakem leluhur. Made lilin Andayani berharap melalui kegiatan pelantikan ini kedepan uji kompetensi pakem disebarluaskan ke masyarakat, karena pakem memiliki peran yang sangat penting dalam dunia tata rias sampai saat ini.

“Anggota HARPI Melati telah tersebar di seluruh kabupaten/kota yang ada di Bali,” katanya seraya menyebut respons masyarakat selama ini sangat tinggi dalam mengikuti uji kompetensi karena HARPI Melati dengan tegas mempertahankan pakem leluhur. 

Sementara, Ketua DPC HARPI Melati Kota Denpasar Periode 2020-2024, Made Asmini atau yang kerap dipanggil Isma menyatakan sebagai ketua DPC terpilih pihaknya ke depan akan senantiasa melaksanakan komitmen HARPI Melati yakni dengan tetap melestarikan pakem tata rias pengantin yang sesuai dengan warisan adat dan budaya leluhur yang ada di Bali ataupun nusantara.

Baginya, meski era globalisasi tak memungkiri perkembangan tata rias pun sangat pesat, namun diharapkan agar tidak keluar atau melebar dari pakem adat dan budaya yang sudah ada. 

“Kita berharap di tengah pandemi Covid-19, anggota untuk tetap berkreasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” harap Made Asmini mengingatkan.(BB).