Masa Pandemi, Monez Mencoba Peluang Baru

Teks Foto : Monez saat hadir di acara Art and Creative Talk, Denfest Ke-13 yang ditayangkan melalui chanel kreativi denpasar, Jumat (4/12).

Baliberkarya.com Denpasar - Monez salah satu ilustrator Bali yang memiliki karakteristik karya berbeda. Monez dengan nama lengkap Ida Bagus Ratu Antoni Putra berkesempatan mengisi Art and Creative Talk dalam agenda Denpasar Festival (Denfest) ke-13 di Dharma Negara Alaya, Kreatif  Hub yang ditayangkan melalui chanel youtube kreativi denpasar, Jumat (4/12).

Karya-karya ilustrasi dari Monez sudah merambah hingga internasional, dan menjadi ilustrasi brand-brand terkenal yang ada. Dalam perbincangan tersebut, Monez menyampaikan bahwa pada awal pandemi ini sempat merasakan kepanikan.

Namun bagaimanapun situasi yang dirasakan hampir seluruh dunia ini, kita coba bersama rekan-rekan di Studio Monez Ilustrasi melihat peluang baru, yang dapat memberikan sumbangsih pemikiran baru dalam berkarya.

“Kita rehat sejenak dan melihat kembali apa yang perlu ditambahkan dan dikurangi, karena sebelum pandemi sangat banyak kesibukan,” ujarnya.

Monez mengatakan bahwa dalam masa pandemi ini perlu melihat peluang baru dengan merambah online, dan membangkitkan lagi chanel youtube. Kita mencoba melihat sisi terbaiknya, tidak hanya melihat hal buruk pada pandemi saat ini.

Dunia menggambar yang sudah digandrungi Monez sejak kecil dan pada Tahun 2000 memilih Desain Komunikasi Visual (DKV) dan menuntaskan pendidikan strata satu di Institut Seni Indonesia Denpasar. Berbagai tahapan telah dilalui, dan sampai saat ini menjurus ke dunia ilustrasi.

Tentu dunia ilustrasi dengan berbagai kategorinya, sehingga mencoba menggambar dengan gaya tersendiri menjadi sebuah personal branding.

“Dalam ilustrasi butuh kepercayaan diri setiap berkarya, meski saya sempat mengalami suatu hal yang kurang percaya diri saat membuat satu karya,” ujarnya.

Lebih lanjut menurut Monez setiap berkarya membutuhkan proses, tidak hanya membutuhkan skil, namun harus melihat berbagai hal, salah satunya koneksi yang paling penting. Kreativitas kita harus terus diasah, namun jangan melupakan manajemen saat kita berkarya.

Terlebih saat ini dengan keberadaan sosial media saat ini yang menjadi suatu hal yang memebrikan sebuah kemudahan kita dalam mempromosikan karya. Sehingga saat ini ranah ilustrasi telah merambah dunia digital yang sangat memberikan peluang dan sangat luas.

Masalah skill dan tehnik bisa ditiru banyak orang, namun berpikir kreatif itu yang sangat sulit ditiru. Sehingga berbagai kebudayaan Bali yang sering saya lihat dan menjadikan sebuah selera saya terhadap sebuah karya seni, dan itu akan tercipta secara natural.

“Masa pandemi saya melihat peluang yang begitu besar dalam merambah terus dunia digital, dan menuntut kita tetap produktif serta terus melihat peluang dengan menyiapkan langkah-langkah selanjutnya ” ujarnya. (BB)

 


TAGS :

Komentar