Tingkatkan Kualitas Pendidikan Mahasiswa, Bupati Artha Serahkan Beasiswa

  04 Desember 2020 PERISTIWA Jembrana

Ket foto : Bupati Jembrana, I Putu Artha, menyerahkan beasiswa secara simbolis kepada 6 orang perwakilan mahasiswa  yang berprestasi tahap II, di Ruang VIP Kantor Bupati. Jum'at (4/12/2020). 

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Jembrana. Bupati Jembrana, I Putu Artha, menyerahkan beasiswa secara simbolis kepada 6 orang perwakilan mahasiswa  yang berprestasi tahap II, di Ruang VIP Kantor Bupati. Jum'at (4/12/2020).  

Pemberian beasiswa tersebut dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Beasiswa yang diberikan ini guna mendorong prestasi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Jembrana. 

Sebanyak 800 orang mahasiswa asal Kabupaten Jembrana yang berprestasi di tahap II mendapatkan beasiswa sebesar Rp 3 juta per orang. Dengan IPK tertinggi 3.77

Bupati Jembrana I Putu Artha mengatakan, pemberian beasiswa ini bertujuan untuk menjalin komunikasi dan silahturahmi serta sebagai bentuk perhatian bagi anak-anak yang berprestasi dalam menempuh pendidikan. 

Diharapkan bantuan ini dapat meningkatkan proses belajar anak. Semoga semakin giat dan berprestasi dalam jenjang menuntut ilmu pendidikan.

“Pemberian beasiswa ini sebagai bentuk apresiasi kepada siswa-siswa yang berprestasi agar dapat meningkatkan prestasinya,” terang Bupati Artha
 
Selain itu, Artha menyebutkan program beasiswa ini untuk mendorong para mahasiswa asal Jembrana semakin berprestasi dan bisa bersaing.

“Kami harapkan, melalui beasiswa ini para penerima dapat memanfaatkan uang beasiswa sebaik-baiknya. Baik itu untuk meningkatkan prestasi maupun membantu biaya pendidikan dan tentunya bisa bersaing juga,” ujar Bupati Artha.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrga Jembrana , Ni Nengah Wartini mengatakan Setelah diseleksi yang dinyatakan lolos atau memenuhi persyaratan, 800 mahasiswa. Dengan Nilai IPK rata – rata di periode II ini mereka yang menembus IPK di atas 3,60 (cumlaude). 

“Seleksi dilakukan melalui perangkingan karena jumlah mahasiswa yang memenuhi persyaratan melebihi kuota anggaran yang disediakan. Sehingga ditetapkan pada periode II ini sebanyak 800 orang mahasiwa Jembrana  yang menerima beasiswa,” ujarnya.

Wartini juga menjelaskan, Bahwa Mereka adalah mahasiswa PTN maupun PTS yang telah terakreditasi A pada jenjang Diploma III, Diploma IV dan Strata I. Masing-masing penerima mendapat beasiswa Rp. 3 juta persemester.Terkait dengan mekanisme pengajuan beasiswa seluruh pencairan berdasarkan aturan dan mekanisme yang sudah ditetapkan.

Pada periode II telah diterapkan sistem Sistem Informasi Beasiswa Jembrana ( SIBAJA ) merupakan pengembangan sistem pencairan beasiswa berbasis online guna mempermudah mekanisme pencairan.

“Selain itu sistem ini juga memperluas kesempatan penerima beasiswa , khususnya mereka yang kuliah diluar daerah , untuk mempermudah melengkapi dan mengupload berbagai kelengkapan serta persyaratan yang harus dipenuhi,” pungkasnya

Sementara salah satu penerima beasiswa, Ni Putu Candra Hiranmayena menyampaikan pemberian beasiswa tersebut sangat berguna terutama bagi perekonomiannya kurang. Pihak berterimakasih kepada Pemkab Jembrana  karena beasiswa yang diberikan ini sangatlah bermanfaat.

"Beasiswa ini bisa mendorong kita untuk lebih semangat dan berprestasi tentunya. Semoga program beasiswa berprestasi ini dapat terus berlanjut kedepannya” ungkap mahasiswa Undiksha fakultas Ilmu Pendidikan.(BB)