Walau Dalam Bui Semangat JRX Untuk Berbagi Di Masa Pandemi Terus Menular

  25 November 2020 PERISTIWA Denpasar

Ket foto: Simpatisan JRX sedang membagikan nasi bungkus

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Denpasar - I Gede Ary Astina yang dikenal dengan Jerinx atau JRX diputus bersalah oleh majelis hakim PN Denpasar pada kamis 19 November 2020 dan harus mendekam dalam penjara selama 1 tahun 2 bulan.

Sosok JRX yang selama ini dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi serta peduli pada kondisi lingkungan dan menghargai kebhinekaan dalam berbangsa harus menjalani hari-hari dalam sel tahanan gara-gara tulisannya di media sosial yang dianggap melakukan ujaran kebencian terhadap suatu kelompok atau golongan yaitu Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Namun dibalik kasus yang dialami JRX, sosoknya ternyata menjadi inspirasi bagi masyarakat utamanya generasi muda. Seperti kegiatan bagi-bagi pangan dimasa pandemi ini yang ia lakukan di Twice Bar, Kuta miliknya yang telah berlangsung setiap hari tanpa jeda sejak 4 juni 2020 hingga hari ini.

Kegiatan bagi-bagi pangan yang telah JRX lakukan telah menular keberbagai daerah di Bali bahkan Indonesia. Seperti yang dilakukan Solidaritas Gianyar Bersama JRX yang pada hari rabu 25 november 2020 melakukan kegiatan bagi-bagi pangan berlokasi disekitar Patung Kebo Iwa Jl By Pass Dharma Giri, Gianyar.

Kegiatan tersebut dimulai sekitar pukul 10.00 wita. Dengan berpakaian adat madya mereka membagikan pangan berupa sayuran segar dan nasi bungkus kepada masyarakat yang kebetulan melintas di lokasi tersebut.

Oka Ramendra dari Gianyar yang ikut serta dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan tersebut terlaksana dari keuntungan menbuat kaos serta acara Suara Hati Nurani yang mereka lakukan.

“Kegiatan bagi-bagi pangan ini bukan yang pertama kami lakukan dan akan rutin kami lakukan kedepannya. Adapun kegiatan ini bisa terlaksana dari hasil penjualan kaos serta acara musik Suara Hati Nurani yang kami lakukan beberapa waktu yang lalu”, jelas Oka.

Oka juga menambahkan, Pak De JRX itu sosok yang menginspirasi kami. Walaupun raganya kini dipenjara tapi kami akan terus melanjutkan dan menularkan semangatnya untuk hal-hal baik bagi masyarakat dan alam ini.

Selain diikuti oleh simpatisan JRX di Gianyar, kegiatan tersebut juga dihadiri simpatisan JRX dari daerah lainnya. Seperti Made Krisna Bokis Dinata dari Denpasar yang mengajak beberapa kawannya.

Krisna Bokis mengatakan, kegiatan bagi-bagi pangan ini adalah bentuk solidaritas dan wujud nyata dari respon simpatisan JRX dalam upaya membantu dan berbagi di masa pandemi yang merupakan satu aktivitas yang terinspirasi dari sosok JRX.

"Aktivitas ini adalah bentuk nyata bagaimana kami mencoba merespon dan membantu masyarakat saat pandemi dimana banyak masyarakat yang jatuh ekonominya akibat dirumahkan karena Covid-19, Jadi kami membantu dengan berbagi sayuran gratis" imbuhnya.

200 paket sayur habis dalam waktu sejam dan banyak masyarakat yang mengapresiasi positif kegiatan ini. "Terima kasih nggih, tetap semangat" ujar salah seorang ibu-ibu yang kebetulan melintasi dan menerima sayuran segar yang dibagikan. (BB)