Lalai Saat Bermain, 13 Mahasiswa Warmadewa Terjebak Air Pasang di Pantai Suluban

  15 November 2020 PERISTIWA Denpasar

Tim SAR gabungan melakukan evakuasi 13 mahasiswa yang terjebak di Pantai Suluban Kabupaten Badung.

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Sebanyak 13 orang terjebak air laut pasang di Pantai Suluban Uluwatu, Kuta Selatan, Badung. Kejadian tersebut berawal ketika para mahasiswa Warmadewa Denpasar berlibur di pantai pada hari Sabtu (14/11/2020) sekitar pukul 16.00 Wita. 

Namun hingga pukul 19.30 Wita mereka tidak menyadari bahwa air laut sudah pasang dan seluruhnya terjebak. Setelah setengah jam berselang, laporan atas peristiwa itu baru diterima petugas siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali). 

"Begitu laporan diterima, kami segera berangkatkan 8 orang personil menuju lokasi, sementara koordinasi juga sudah dilakukan dengan pihak terkait lainnya," terang Gede Darmada S.E., M.AP., Kepala Kantor Basarnas Bali.

Kurang lebih pukul 21.45 Wita, tim rescue Basarnas Bali tiba di Pantai Suluban Uluwatu dan selanjutnya melaksanakan koordinasi dengan Balawista Badung Pos Labuan Sait. 

Untuk bisa mengakses lokasi, tim SAR gabungan harus membungkuk melewati bebatuan, dikarenakan air sedang pasang tinggi. Melihat kondisi malam itu dan memastikan keselamatan seluruh korban, maka proses evakuasi menunggu air laut surut. 

"Sudah dipastikan posisi 13 orang target dalam keadaan aman, maka kami bicarakan dengan pihak keluarga serta tim lainnya, dan diputuskan upaya evakuasi menunggu air surut," pungkasnya.

Baru sekitar pukul 00.20 Wita air mulai surut dan akhirnya proses evakuasi berhasil dilakukan dengan kondisi seluruh korban dalam keadaan selamat, selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga. 

Adapun identitas 13 orang yang terjebak air laut pasang yakni bernana Anggi Ritania (P/19), Tri Permana (L/20), Putri Budiantari (P/20), Ayu Suciningsih (P/19), Dhea Shavira (P/19), Puspa Meitriyana (P/19), Nia Krisna (P/19), Anandita (P/19), Aprilia (P/19), Ayu (P/20), Tami (P/19), Bagus (L/19) dab Jaya (L/19).

Selama operasi SAR berlangsung turut melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali, Dit SAR Samapta Polsa Bali, Polsek Kuta Selatan, BPBD Badung, Babinsa Desa Pecatu, Babinkamtibmas Desa Pecatu, Balawista Badung, Pecalang Desa Pecatu, Indonesian Escorting Ambulance, pihak keluarga dan masyarakat setempat. 

Darmada menghimbau agar masyarakat yang beraktifitas di alam bebas memperhatikan juga keselamatan. Pasalnya, jika lalai dalam beraktifitas maka alam bisa membahayakan bagi manusia.

"Kita harus bisa mengenali kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi, saya sarankan untuk beraktifitas di alam bebas hindari waktu yang terlalu malam, karena jarak pandang semakin terbatas dan ada resiko di sana," tutup Darmada.(BB).