Serahkan 500 Sembako, Rai Wirajaya Bersama JPN dan OJK Edukasi Warga Pahami Kebijakan Stimulus OJK Hadapi Covid-19

  31 Oktober 2020 TOKOH Denpasar

Foto: Kegiatan Penyuluhan Jasa Keuangan Edukasi Masyarakat Door to Door dan penyerahan 500 paket sembako di Kota Denpasar, Sabtu (31/10/2020).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com-Denpasar. Untuk kesekian kalinya, Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali gelontorkan ratusan paket sembako untuk membantu masyarakat ditengah Pandemi Covid-19.

Kali ini, Agung Rai Wirajaya yang biasa disapa ARW ini bersama Dewan Pimpinan Pusat Jangkar Pemuda Nusantara (DPP JPN) bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali melaksanakan kegiatan Penyuluhan Jasa Keuangan Edukasi Masyarakat Door to Door dengan tema “Kebijakan Stimulus OJK dalam Menghadapi Covid-19, di Kota Denpasar, Sabtu (31/10/2020).

Kegiatan kali ini ditujukan kepada 500 orang peserta dari kalangan masyarakat menengah ke bawah diantaranya petani dengan skala menengah ke bawah, buruh harian, pekerja serabutan, supir ojek dan lainnya.

Namun sebelum petugas lapangan melaksanakan kegiatan penyuluhan secara "door to door" yang bertempat di Jero Taman Lestari Desa Adat Peguyangan Kota Denpasar dilaksanakan acara pembekalan dan seremonial yang langsung diberikan oleh Rai Wirajaya selaku Anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan.

Kegiatan ini dirangkai juga dengan aksi sosial kemanusiaan membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 melalui penyerahan bantuan 500 paket sembako kepada masyarakat yang disasar dalam Penyuluhan Jasa Keuangan Edukasi Masyarakat "Door to Door" ini.

Pada kesempatan ini, Rai Wirajaya menjelaskan kebijakan OJK terkait kebijakan stimulus OJK dalam menghadapi pandemi Covid-19 dalam bentuk pemberian pamphlet kebijakan OJK RI. Penyuluhan Jasa Keuangan Edukasi Masyarakat "Door to Door" ini juga meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kebijakan stimulus OJK dalam menghadapi Covid-19 dalam rangka menjaga kestabilan ekonomi masyarakat menengah ke bawah.

"Untuk membantu ekonomi masyarakat utamanya UMKM pemerintah mengeluarkan kebijakan stimulus OJK menghadapi Covid-19. Semoga lewat penyuluhan dan bantuan paket sembako ini masyarakat bisa lebih teredukasi agar terbantu," harap Politisi PDI Perjuangan asal Peguyangan Denpasar ini.

"Kami ingin masyarakat paham tentang keberadaan, tugas, dan fungsi OJK. Sebab berbagai kebijakan OJK ini juga sangat membantu meringankan beban masyarakat khususnya pelaku usaha di tengah pandemi Covid-19," jelas ARW.

ARW juga menjelaskan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga Negara yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011. OJK berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank seperti Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya.

Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19 peran OJK juga sangat besar menjaga stabilitas ekonomi. Salah satunya melalui kebijakan restrukturisasi kredit untuk meringankan beban pelaku usaha seperti UMKM yang mempunyai kredit di perbankan.

ARW sangat berterima kasih kepada mitra kerjanya OJK yang sangat peduli dan berperan aktif dalam penanganan covid 19 khususnya di Provinsi Bali. Pasalnya, dari kegiatan "door to door" ini disamping petugas menjelaskan peranan OJK juga berkesempatan memberikan bantuan paket sembako bagi masyarakat terdampak Covid-19 sehingga dapat meringankan beban masyarakat dan dapat bertahan dalam situasi yang sulit ini.

Lebih jauh ARW menjelaskan penyaluran bantuan sembako ini didasari atas kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, bahkan belakangan ini jumlah kasus positif Covid-19 terus bertambah. Sehingga roda perekonomian belum sepenuhnya pulih, begitu pula di Bali dimana sektor pariwisata masih belum bisa bergerak. 

Untuk itu, lanjut ARW, masyarakat terdampak masih membutuhkan bantuan uluran tangan seperti sembako. Ia berharap bantuan sembako ini bisa bermanfaat meringankan beban masyarakat, sebab pandemi Covid-19 ini belum benar-benar berakhir.

"Paket sembako ini disalurkan kepada warga agar mereka bisa survive apalagi ekonomi dan pariwisata di Bali belum pulih," terang ARW.

Tak lupa, dalam kesempatan ini Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini mengajak masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

"Jangan merasa kebal, merasa sehat, tidak pakai masker. Begitu dipanggil aparat malah nangis-nangis. Jadi sebaiknya ikuti anjuran dan aturan pemerintah," tegas Anggota DPR RI empat periode ini mengakhiri.(BB).