Menelisik Peluang di Pilkada Jembrana, Paket BANGSA Kian Menguat Didukung Pasemetonan Dalem Tarukan

Baliberkarya.com-Jembrana. Posisi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jembrana dari PDI Perjuangan nomer urut 1, I Made Kembang Hartawan dan I Ketut Sugiasa (BANGSA) terus menguat, seiring dengan mengalirnya dukungan dari masyarakat. 

Terbukti kali ini, pernyataan mendukung paket BANGSA dalam Pilkada Jembrana Desember 2020, datangnya dari pesemetonan Dalem Tarukan Jembrana. Pesemetonan ini kompak mendukung dan menyatakan sikat akan menangkan BANGSA dalam peetarungan.

Komitmen dukungan tersebut ditegaskan tokoh sekaligus Ketua Pesemetonan Dalem Tarukan Jembrana Kade Sudiana, saat menghadiri acara Para Gotra Sentana Dalem Tarukan bersama paket Bangsa di salah satu rumah makan di Kecamatan Jembrana, Minggu (11/10/2020). Hadir pada saat itu, calon Bupati Jembrana dari pasangan calon nomor 1,  I Made Kembang Hartawan.

Pertemuan yang digelar terbatas dengan mengedepankan protokol kesehatan itu, diikuti anggota pesemetonan dari masing –masing kecamatan, berjumlah maksimal 50 orang.

“Keluarga besar kami sudah bersepakat untuk mendukung dan siap  ngayah memenangkan paslon nomor 1 (BANGSA). Kesepakatan ini bukan keputusan buru-buru, melainkan hasil paruman di pesemetonan kami  sebelumnya," tegas Sudiana, Minggu (11/10/2020).

Menurut Sudiana, sejatinya pesemetonan di Jembrana memiliki 2674  trah dalem keluarga besar, tersebar dilima kecamatan di Jembrana. Menurutnya, banyak yang mau datang menyampaikan aspirasi dan kebulatan tekad hari ini, namun karena disiplin protokol kesehatan ada pembatasan yang hadir.

"Jadi kami batasi hanya  10 orang dari masing-masing kecamatan. Sehingga acara diikuti tidak lebih dari 50 orang," jelas Sudiana.

Terkait alasan menjatuhkan dukungan ke paslon nomor 1, Sudiana menjelaskan lebih ke sosok figur. Menurutnya kedua pasangan dari paslon 1 ( Kembang dan sugiasa) sudah teruji dan memiliki pengalaman baik di tingkat eksekutif maupun legislatif.  

"Selain itu, jejak recod keduanya juga dinilai  bersih tidak tersandung kasus hukum atau masalah lainnya," ujarnya.

Keduanya ( Kembang dan Sugiasa) menurut Sudiana, dipercaya duduk di dieksekutif dan legislatif. Artinya mereka dipercaya oleh masyarakat karena  mereka  peduli dengan masyarakatnya. 

"Coba kalau mereka tidak perduli, tidak mungkin bakalan terpilih karena tidak dapat kepercayaan. Kan begitu logikanya," tandasnya.

Menariknya lagi, dukungan yang diberikan pesemotan dalem tarukan juga melihat faktor satu jalur. Adanya kesamaan baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun sampai kedaerah. Hal ini disebutnya akan sangat membantu komunikasi dan percepatan pembangunan dibawah.

“Kami lihat Gubernur Bali Wayan Koster sangat peduli dengan adat istiadat . Salah satunya dengan dikeluarkannya Perda desa adat dan sejumlah bantuan adat yang sudah diberikan beliau untuk “ngajegan”  adat Bali. Kami juga pertimbangkan itu, sehingga visinya sama untuk perkuatan adat  Bali kedepan," imbuhnya.

Sehingga tidak ada alasan lain selain memenangkan pasangan yang searah dengan pemerintah pusat, provinsi, yakni paslon nomor 1, Made Kembang  Hartawan dan Ketut Sugiasa.

Kedepan Ia berharap kepada Paket Bangsa untuk memperjuangkan sektor pendidikan di Jembrana . Mulai dari kademis SDM sendiri, kompetensi guru-guru hingga tersedianya pelatihan kerja maupun kewirausahaan mendukung kompetensi mereka. 

Bekal akademis maupun kompetensi itu dinilainya akan mendukung meningkatnya kesejahteraan masyarakat Jembrana .

“Jadi sekali lagi komitmen kami hari ini, bukan sekedar kebulatan tekad. Tapi komitmen untuk siap ngayah berjuang memenangkan paket bangsa," tutupnya.(BB)

 


TAGS :

Komentar