Bersama OJK, Rai Wirajaya Salurkan Bantuan Sembako di Badung Disertai Penyuluhan Jasa Keuangan 

Foto: Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Bali I Gusti Agung Rai Wirajaya serahkan bantuan disertai kegiatan Penyuluhan Jasa Keuangan Edukasi Masyarakat di Kabupaten Badung, Minggu (11/10/2020).

Baliberkarya.com-Badung. Dalam rangka melaksanakan reses, Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) kembali menggelar kegiatan Penyuluhan Jasa Keuangan Edukasi Masyarakat Door To Door dengan tema “Kebijakan Stimulus OJK Dalam Menghadapi Covid 19” di Kabupaten Badung, Minggu (11/10/2020). 

Selain bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kegiatan edukasi yang tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan cegah Covid-19 ini digelar juga bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Nasional Peradah Indonesia. Pembukaan acara digelar di Wantilan Desa Adat Sading, Kabupaten Badung, yang dilanjutkan dengan edukasi door to door kepada sejumlah kelompok masyarakat.

"Sosialisasi kebijakan stimulus OJK dalam menghadapi Covid-19 dilaksanakan agar masyarakat juga paham bahwa stimulus ini sangat membantu penanganan pandemi Covid-19," ucap Rai Wirajaya.

Kali ini, Rai Wirajaya menyerahkan 500 paket sembako yang di dalamnya juga diserahkan satu buku tentang OJK Keluarkan Peraturan Terkait Penanganan Dampak Covid-19. Sebanyak 500 paket sembako tersebut disalurkan kepada warga membutuhkan dan terdampak pandemi covid-19 antara lain petani, buruh harian, pekerja serabutan, sopir ojek, dan lain lainnya. 

"Pandemi Covid-19 belum berakhir, jadi kita tetap harus membantu saudara yang masih membutuhkan. Meski tidak bisa memenuhi seluruhnya, saya harap bantuan ini dapat bermanfaat memenuhi kebutuhan pangan warga,” ujar Rai Wirajaya.

Menurut Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini, kegiatan Penyuluhan Jasa Keuangan Edukasi Masyarakat Door To Door ini bertujuan menjelaskan kebijakan OJK terkait kebijakan stimulus OJK  untuk menghadapi Covid-19 dalam bentuk pemberian pamflet kebijakan OJK RI. Rai Wirajaya yang akrab disapa ARW itu juga mengakui kegiatan ini juga meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kebijakan stimulus OJK untuk menghadapi Covid-19 dalam rangka menjaga kestabilan ekonomi masyarakat menengah ke bawah.

"Kami ingin masyarakat paham tentang keberadaan, tugas, dan fungsi OJK. Berbagai kebijakan OJK ini juga sangat membantu meringankan beban masyarakat khususnya pelaku usaha ditengah pandemi Covid-19," jelas ARW.

Lebih jauh Politisi PDI Perjuangan asal Peguyangan Denpasar ini menjelaskan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga Negara yang dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2011. OJK berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank seperti Asuransi, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya.

ARW mengaku saat pandemi Covid-19 peran OJK juga sangat besar menjaga stabilitas ekonomi, salah satunya melalui kebijakan restrukturisasi kredit untuk meringankan beban pelaku usaha seperti UMKM yang mempunyai kredit di perbankan. ARW berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan perekonomian Bali khususnya juga pariwisata Bali bisa pulih.

"Badung salah satu lokomotif, motor penggerak pariwisata Bali. Semoga bisa segera pulih dan bangkit sehingga PAD Badung seperti dulu,” harapnya.

Tak lupa, ARW selalu mengajak masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

"Sebelumnya Badung sudah hijau tapi belakangan kendor disiplin masyarakat. Jangan merasa kebal, merasa sehat, tidak pakai masker," tegas Anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan ini mengakhiri.

Terkait bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan ini, Anggota DPRD Kabupaten Badung dari PDI Perjuangan Made Yudana menyampaikan apresiasinya dengan kepedulian Rai Wirajaya yang selama ini berkeliling membantu masyarakat luas di Bali

"Selaku anggota DPRD Kabupaten Badung, kami berharap beliau (Rai Wirajaya) bisa terus membantu masyarakat yang ada di Bali. Saya juga berharap kedepannya beliau tetap berbuat dan berjuang untuk kepentingan masyarakat sehingga masyarakat bisa sejahtera," harap Yudana.

Anggota Komisi III DPRD Badung ini juga berharap agar pandemi covid-19 ini cepat berlalu sehingga pariwisata bisa dibuka dan turis mancanegara bisa masuk ke Bali. Sehingga pendapatan daerah bisa masuk dan dengan adanya PAD apa yang dilaksanakan di Kabupaten Badung bisa terealisasi seperti tahun tahun sebelumnya.

"Kami optimistis kondisi akan bisa pulih kembali dan pariwisata bisa dibuka kembali," kaya Yudana penuh semangat.

Hal senada juga disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Badung dari PDI Perjuangan Rarahita Sukma Dewi bahwa diperlukan sinergi para wakil rakyat baik di DPRD Kabupaten Badung, DPRD Bali, hingga DPD RI termasuk DPD RI untuk gotong royong bersama-sama menangani pandemi Covid-19 dan membantu warga. 

"Disinilah pentingnya disaat pandemi Covid-19 diperlukan sinergi dan gotong royong semua pihak," tegas Anggota Komisi IV DPRD Badung ini mengakhiri.(BB).


TAGS :

Komentar