Kabar Gembira! Gedung Kesenian IR Soekarno Akan Jadi Taman Baca Gratis

Ket Foto : DPR Provinsi Bali I Ketut Sugiasa

Baliberkarya.com-Jembrana. Gedung Kesenian IR Soekarno yang terletak di jantung kota Negara, tepatnya di depan Kantor Bupati Jembrana tak lama lagi akan berubah fungsi.

Gedung megah dengan halaman cukup luas yang selama ini kerap diperuntukan untuk kegiatan-kegiatan pentas seni maupun berbagai pertunjukan hiburan dan kegiatan lainnya, akan dijadikan tempat taman baca gratis. Di lokasi tersebut akan dioftimalkan Perpustakaan dengan menyediakan buku-buku lengkap mulai tingkat SD hingga perguruan tinggi.

"Buku-buku kita akan perbanyak, sehingga nantinya menjadi taman baca dan taman bermain bagi anak-anak. Tidak lagi menjadi tempat pentas seni atau hiburan. Ini biar sesuai dengan nama gedung IR Suekarno yang merupakan tokoh intelek," terang I Ketut Sugiasa, calon Wakil Bupati Jembrana dari PDI Perjuangan, Sabtu (10/10/2020).

Nantinya menurut Sugiasa yang juga anggota DPRD Provinsi Bali ini, taman baca itu diberuntukan untuk anak-anak dan remaja Jembrana secara gratis, sehingga dari tempat itu bisa mencetak generasi muda yang intelek, memiliki wawasan serta pengetahuan luas seperti tokoh proklamator Bapak IR Soekarno.

Di lokasi tersebut menurut Sugiasa, tidak lagi sebagai tempat pertunjukan seni, ataupun kegiatan lainnya termasuk kegiatan olah raga. Namun khusus menjadi taman baca dengan mengintensifkan tempat perpustakaan. Sedangkan untuk kegiatan seni maupun olah raga akan dipindahkan ke lokasi stadion Pecangakan, belakang Kantor Bupati Jembrana.

"Nanti di sekitar stadion akan dibangun fasilitas-fasilitas olah raga. Karena jika semua kegiatan seni maupun olah raga dipusatkan di Gedung IR Soekarno, tentunya sangat mengganggu arus lalu lintas karena sudah pasti akan menutup jalan nasional. Ini merupakan salah satu program kami dari paket BANGSA," tutur Sugiasa.

Sementara untuk kegiatan seni akan dipusatkan di Anjungan Cerdas Mandiri (ACM) Rambut Siwi, Desa Yehembang Kangin, Mendoyo. Di lokasi ini akan dipertunjukan berbagai kegiatan seni termasuk pameran lukisan.

"Sekali lagi ini merupakan salah satu program kami dari paket BANGSA. Program ini bisa terujud jika masyarakat Jembrana memberikan kepercayaan kepada kami," tutupnya.(BB)


TAGS :

Komentar