Patut Dicontoh! Babinsa dan Bhabinkamtibmas Yehembang Aktif Himbau Penerapan Prokes

Ket poto : Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Yehembang saat mengingatkan warga penerima BPUM di BRI untuk mematuhi protokol kesehatan.

Baliberkarya.com-Jembrana. Ditengah tugas berat yang diembannya di desa, terutama mejaga keamanan dan ketertiban di desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo, Jembrana ternyata juga sangat aktif menghimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ditengah pandemi covid 19 yang masih melanda.

Kesehariannya saat melaksanakan tugas di desa, Pelda I Nyoman Suardana yang menjabat sebagai Babinsa Desa Yehembang dan Aiptu I Ketut Pasek yang menjabat Bhabinkamtibmas Desa Yehembang, selalu aktif mengingatkan setiap warga yang ditemuinya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

Sebelum masuk ke kantor Desa Yehembang untuk berkordinasi dengan Perbekel dan para kelian banjar, kedua abdi negara pengayom masyarakat ini selalu menyempatkan diri ke pasar Yehembang dan tempat-tempat keramaian untuk mengingatkan setiap warga agar mematuhi protokol kesehatan. 

Jika ada warga yang ditemuinya, tidak menggunakan masker, anggota TNI dan anggota Polri ini tidak segan-segan menegur dan mengingatkan dengan cara humanis. Pendekatan secara humanis yang dilakukan dua tokoh ini ternyata cukup ampuh menyarkan masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan ditengah pandemi covid 19 yang melanda negeri ini.

Dekian halnya saat pembagian/pencairan Bantuan Pemerintah Usaha Mikro (BPUM) bagi masyarakat penerima di BRI unit Yehembang pagi tadi. Melihat warga penerima bergerombol dan berjubel mengantre di depan BRI Yehembang, Babinsa dan Bhabnkamtibmas ini langsung kompak dan sigap mendekati.

Mereka langsung bergegas menuju BRI untuk mengingatkan kepada warga penerima bantuan agar mematuhi protokol kesehatan, dengan mengenakan masker dan mengatur jarak serta tidak lupa mencuci tangan. Mereka juga mengingatkan pihak bank, terutama petugas Satpam agar aktif mengingatkan warga mematuhi protokol kesehatan.

Warga penerima bantuan yang awalnya bergerombol dan berjubel  setelah mendapat himbauan dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa langsung mematuhi dengan mengatur jarak yang edial. Dipastikan semua warga penerima bantuan tersebut telah mengenakan masker dan penggunaannya juga sudah sesuai aturan.

"Tadi kami lihat warga penerima bantuan berjubel, makanya kami berdua datang mengingatkan untuk menjaga jarak. Kami tidak mau ini menjadi klaster baru penularan covid 19. Kasihan warga jika tertular," terang Suardana didampingi I Ketut Pasek, Jumat (9/10/2020).

Lanjutnya, pihaknya juga menghimbau kepada pihak bank agar mencari solusi mempercepat proses pencairan sehingga tidak menimbulkan antrean warga yang banyak dan berjubel. Disamping itu, pihak bank juga dihimbau agar ikut berperan aktif memberikan himbauan kepada nasabahnya untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan.

"Jika semua warga dan semua pihak perduli dan mau melaksanakan protokol kesehatan. Kami pastikan penularan covid 19 tidak akan terjadi lagi. Kami rasa semua warga menginginkan tetap sehat karena itu tolong patuhi protokol kesehatan," tutup Pasek.(BB)

 


TAGS :

Komentar