Gus Adhi dan SOKSI Badung Serahkan Puluhan Traktor, SOKSI Jembrana Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Anggota Komisi IV DPR RI AA Bagus Adhi Mahendra Putra bersama Depicab SOKSI Badung serahkan puluhan traktor kepada kelompok tani di Kabupaten Badung.

Baliberkarya.com-Badung. Ketua Depidar SOKSI Provinsi Bali, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Amatra) bersama Depicab SOKSI Badung menyerahkan puluhan traktor kepada kelompok tani di Kabupaten Badung, Senin (05/10/2020). Bantuan ini dinilai sangat bermanfaat apalagi saat ini sudah musim pengolahan tanah dan persiapan penanaman.

“Saya ingatkan agar petani mengolah tanah seperti leluhur kita terdahulu yaitu dengan sistem nengala. Jadi pakailah traktor singkal dan berhentilah mengolah tanah dengan rotari. Hal ini diperlukan agar sawah tidak menjadi berlumpur yang akan semakin dalam sehingga pertanian bisa dilakukan dengan mekanisasi pertanian lebih banyak lagi dan hasil produksi petani bisa ditingkatkan," kata Ketua Depidar SOKSI Provinsi Bali, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra.

 Politisi ramah yang lebih populer disapa Gus Adhi berharap kepada Dinas Pertanian Kabupaten Badung untuk membuat zonasi dan klaster pertanian. Hal ini penting karena bisa diarahkan sebagai daerah industri pertanian yang bisa dilakukan dengan mekanisasi pertanian modern dan maju. Serta bisa memilah yang mana untuk pariwisata dan untuk menanam komoditi eksport dan memiliki nilai kekhususan, seperti beras sehat untuk masyarakat penderita diabet, stunting, dan lainnya.

Di hari yang sama dan di tempat terpisah, Depicab SOKSI Kabupaten Jembrana mengadakan pelatihan pembuatan pupuk organik kepada petani. Pelatihan ini sebagai upaya meminimalisasi biaya produksi pertanian dan mengembalikan unsur hara tanah. 

"Dalam masa pandemi Covid-19 ini memberikan pelajaran buat kita untuk senantiasa lebih berbuat hal-hal yang positif untuk lingkungan, kelompok tani untuk mengerjakan ekonomi," kata Gus Adhi yang juga Anggota Komisi IV DPR RI. 

Pelatihan pembuatan pupuk organik ini disamping untuk kesehatan dan penyuburan tanah pertanian, juga bertujuan memberikan edukasi, pendampingan dan juga membuka peluang atau lapangan kerja bagi masyarakat sehingga bisa menjadi produksi pupuk organik.

"Dalam kegiatan ini juga dilakukan pelatihan membuat pakan bermutu dengan sistem permentasi ada sebagai upaya menekan biaya pakan dan mempercepat pertumbuhan hewan piaraan," ungkap anggota Fraksi Partai Golkar dari Dapil Bali ini.

Gus Adhi mengatakan, SOKSI akan terus mengupayakan karya dan kekaryaan bagi masyarakat secara luas, sehingga pemberdayaan masyarakat secara mandiri bisa terus ditingkatkan.

"Kegiatan hari ini tentu tujuan utamanya meningkatkan produktifitas pertanian kita di Bali sekaligus mengangkat pendapatan dan kesejahteraan petani. Mau terus pantang mundur," pungkas Gus Adhi.(BB).


TAGS :

Komentar