Sumber Air Bersih Berlimpah, Yehembang Kangin Luncurkan Produk AMDK Kualitas Bagus

Baliberkarya.com-Jembrana. Gede Suardika, Perbekel Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Jembrana memang jeli melihat peluang. Melihat sumber daya alam desanya berlimpah, terutama sumber air bersih, dia cepat bertindak untuk memanfaatkannya untuk kemakmuran masyarakatnya.

Pengelolaan potensi desa Yehembang Kangin dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat diantaranya, mengoptimalkan pengelolaan sumber alam berupa mata air. Dengan dukungan pemerintah pemerintah daerah, baik kabupaten maupun provinsi serta pemerintah pusat, pengelolaan air bersih  dikelola melalui bumdesa Abdi Rahayu Yehembang Kangin. 

"Pengelolaannya oleh Bumdes dengan sistim distribusi melalui jaringan pipanisasi dan pemeliharaan serta operasionalnya di berikan oleh masing-masing pemanfaat ke bumdesa disetiap bulannya dg kesepakatan lima belas ribu rupiah perbulan," terang Perbekel Yehembang Kangin Gede Suardika, Minggu 27 September 2020.

Suber air bersih di Desa Yehembang Kangin yang berlimpah menurut Suardika juga dimanfaatkan untuk usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Untuk AMDK juga pengelolaannya diserahkan kepada Bumdes. Oleh Bumdes, produk AMDK sudah mulai diedarkan di Jembrana.

"Produk AMDK sudah dapat diedarkan dan sudah terpenuhi seluruh perijinannya, dengan nama produk AMARA ," ujar Suardika.

Tujuan utama dari kegiatan usaha AMDK tersebut menurut Suardika adalah untuk mengelola potensi desa secara baik dan maksimal sehingga menambah pendapatan desa yg digunakan sebagai kekuatan mensejahterakan masyarakat desa. Disamping juga dapat memberi peluang kerja dan menunjang aktifitas sosial masyarakat.

"Usaha AMDK juga memberikan peluang kerja bagi putra putri desa dan dapat meningkatkan SDM dengan pelatihan-pelatihan. Juga dapat menunjang kegiatan sosial masyarakat desa, misalnya kegiatan adat atau yadnya," tutupnya.(BB)


TAGS :

Komentar