Astungkara! Belasan Pasien Covid 19 di Jembrana Boleh Pulang

  01 September 2020 PERISTIWA Jembrana

Ket foto:Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr I Gusti Agung Putu Arisantha saat memberikan pengarahan sebelum pasien pulang

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Jembrana - Kabar menggembirakan hari ini sebanyak 18 pasien terkonfirmasi  di Jembrana  dinyatakan sembuh dari covid-19 usai jalani perawatan. Sebanyak 15 orang merupakan pasien yang jalani isolasi mandiri di Hotel Jimbarwana. Sedangkan tiga orang lagi jalani perawatan di Ruang isolasi RSU Negara.
 
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr I Gusti Agung Putu Arisantha melepaskan pasien sembuh di halaman Hotel Jimbarwana. Selasa, 01 September 2020

"Sebanyak 15 orang yang sembuh, 12 orang merupakan warga KTP merupakan warga ber KTP Jembrana, sementara tiga orang lagi warga luar Jembrana berprofesi sebagai auditor, dan satu orang keluarga," ucap pria jebolan Univesitas Kedokteran Udayana Denpasar.

Dr. Arisantha  yang pernah menjabat sebagai Kabid pelayanan Medik di Rumah Sakit Nunukan di Kalimantan Timur selama 10 tahun ini menambahkan, mereka sudah dinyatakan sembuh setelah sebelumnya jalani isolasi mandiri di Hotel. Dari perawatan dan pemeriksaan mereka dinyatakan  tidak terinfeksi covid-19," kata Arisantha usai pelepasan pasien sembuh isolasi hotel,

Pria yang beristri putri dari Balikpapan dan bapak tiga orang anak ini menjelaskan, sesuai pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19, revisi kelima yang diterbitkan Kementerian Kesehatan, bagi pasien Covid-19 tanpa bergejala, bisa dilakukan perawatan dan isolasi dirumah. Namun tetap dibawah pengawasan tim medis.

"Dari KMK itu jelas, warga terkonfirmasi positif bisa dirawat dirumah. Tapi kita gugus Tugas Jembrana mengambil opsi karantina terpusat. Isolasi hotel dipilih sebagai opsi mengingat sebelumnya daya tampung RSU Negara sempat penuh, sebelum kini ada tambahan bed isolasi sebanyak 22 buah," kata Arisantha.

Kendati jalani isolasi dihotel, penanganan pasien tetap dilakukan. Seperti jalani terapi, obat antiviral serta pemberian multivitamin." Dengan kesembuhan tadi , sebanyak 8 orang pasien terkonfirmasi saat ini masih jalani isolasi di hotel," imbuhnya.

Diketahui saat ini masih ada sekitar 20 an pasien terkonfirmasi yang masih jalani isolasi mandiri dirumah. Rencananya mereka akan dipindahkan untuk jalani perawatan di RSU Negara.

"Dengan ditambahkan kapasitas bed yang baru, serta beberapa pasien yang sudah dipulangkan karena sembuh , RSU Negara kini masih memiliki data tampung untuk merawat pasien terkonfirmasi lainnya. Kita akan pindahkan yang dirumah, berkordinasi dengan beberapa puskesmas, mengingat pasien tersebar dibeberapa wilayah,"  jelas Arisantha .

Ditempat yang sama Kabid Pelayanan Medis dr I Gede Ambara Putra menambahakan, selain kesembuhan pasien terkonfirmasi yang jalani isolasi di hotel , hari ini juga dipulangkan sebanyak tiga pasien di RSU Negara. Kesembuhan itu disampaikan langsung.

"Tiga pasien dipulangkan itu masing masing perempuan 46 tahun asal Tegal Badeng Barat, perempuan 47 tahun asal Ekasari Melaya, serta pria 31 tahun asal Desa Manistutu Melaya. Sehingga saat ini RSU Negara masih merawat 18 pasien positif serta 1 pasien suspect . 

Dengan demikian secara kumulatif angka terkonfimasi di Jembrana sebanyak  145. Sedangkan pasien sembuh sebanyak 97 orang dengan dua kasus kematian. (BB)