Tunjukkan Bali Aman Dikunjungi, Amatra Cycling Club Gowes Buleleng Kampanyekan Energi Bersih dan Pola Hidup Sehat

Ketua Depidar SOKSI Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Gus Adhi) melepas gowes sepeda santai yang dipimpin Ketua Amatra Cycling Club Bali, Anak Agung Kusimantara bersama ACC SOKSI Kabupaten Buleleng menyusuri jalan Desa Pekraman Banjar, Buleleng, Minggu (23/08/2020).

Baliberkarya.com-Buleleng. Sebanyak 60 peseda anggota ACC SOKSI Kabupaten Buleleng yang baru terbentuk dan dipimpin Ketua Amatra Cycling Club (ACC) Provinsi Bali, Anak Agung Kusimantara melaksanakan reli sepeda santai menyusuri jalan Desa Pekraman Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Minggu (23/08/2020). 

Reli sepeda santai ini dilepas Ketua Depidar SOKSI Provinsi Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Gus Adhi) di Balai Desa Adat Kertha Locitta. Selanjutnya para peserta menyusuri jalan Desa Pekraman Banjar melewati Seririt dan kembali ke tempat start dengan menempuh jarak kurang lebih 20 Km.

Ketua Amatra Cycling Club (ACC) Provinsi Bali, Anak Agung Kusimantara menyatakan ACC SOKSI Bali pertama kali dibentuk tanggal 8 Agustus 2020 di Jro Kawan, Kerobokan, Badung. ACC merupakan sebuah komunitas atau klub sepeda yang digagas Ketua Depidar SOKSI Provinsi Bali, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra. 

Menurutnya, tujuan pembentukan ACC untuk mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat, sekaligus ikut mengkampanyekan energi bersih lewat kegiatan bersepeda.

"Dengan berolahraga badan kita jadi sehat, imun kuat. Apalagi dengan bersepeda lingkungan kita akan jadi bersih dan bebas dari polusi udara," kata Agung Kusimantara.

Ia mengakui, saat wabah pandemi covid-19 mulai menyerang sejak bulan Maret lalu, seluruh aktivitas masyarakat menjadi berkurang bahkan nyaris terhenti. Tak hanya itu, pandemi ini juga mengoyak dalam-dalam perekonomian masyarakat. 

"Selama lima bulan lebih kita diam di rumah, pasti ada titik jenuh. Nah ketika pemerintah membuka kembali aktivitas di era adaptasi kebiasaan baru kita manfaatkan dengan kegiatan rekreasi salah satunya bersepeda. Badan sehat, hati pun senang," tutur pria yang juga akrab dipanggil Gusdek ini. 

Gusdek yang merupakan adik kandung Adhi Mahendra Putra atau Gus Adhi ini menegaskan akan memperluas lagi pembentukan ACC di seluruh Bali. Ia mengakui, saat ini baru terbentuk ACC SOKSI Provinsi Bali dan ACC SOKSI Kabupaten Buleleng. 

"Apabila ACC sudah terbentuk di seluruh Bali, kita akan dorong agar bisa masuk kedalam organisasi ISI (Ikatan Sepeda Indonesia). Kita juga dorong agar ACC SOKSI di kabupaten/kota di Bali menyelenggarakan event bersepeda," ungkapnya.

Sementara, Adhi Mahendra Putra menyatakan kegiatan ACC SOKSI Buleleng mengandung 3 sehat yaitu sehat lingkungan, sehat badan, dan sehat organisasi. 

"Dengan berolahraga khususnya bersepeda badan kita akan jadi sehat, badan jadi kuat, lingkungan jadi bersih dan sehat dari polusi udara, dan sehat gotong royong, sehat kebersamaan merajut persatuan dan kesatuan menuju Indonesia maju," jelas anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Golkar. 

Pria ramah yang akrab disapa Gus Adhi menerangkan di era adaptasi kebiasaan baru dimana Pemerintah Provinsi Bali telah membuka aktivitas pariwisata lokal dan domestik dengan tetap menerapkan secara disiplin protokol kesehatan cegah covid-19.

"ACC SOKSI juga punya andil untuk turut berkontribusi dan menunjukkan kepada dunia bahwa Bali itu aman, dan sehat dikunjungi, sekaligus untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat," tutup politisi senior asal Kerobokan tersebut.(BB).


TAGS :

Komentar