HUT RI ke-75, Karang Taruna di Sukawati Lepas Tukik

  17 Agustus 2020 PERISTIWA Gianyar

Ket foto: Pelepasan tukik memaknai HUT Kemerdekaan RI 75 di Pantai Purnama, Desa/Kecamatan Sukawati, Senin (17/8/2020).

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Gianyar - Maknai HUT RI ke-75, Karang Taruna Putra Persada Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati gelar upacara bendera di Pantai Purnama, Senin (17/8/2020).

Serangkaian acara juga dilakukan aksi bersih-bersih pungut sampah plastik di area pantai menggandeng komunitas Trash Hero.

Selanjutnya dilepas sebanyak 300 ekor tukik bekerjasama dengan Konservasi Penyu Kelompok Nelayan Saba Asri. Turut hadir dalam kegiatan Anggota DPR RI Dapil Bali Nyoman Parta, Anggota DPRD Bali Dapil Ginyar I Kadek Diana, Perbekel Sukawati, Bendesa Sukawati, Komunitas Sukawati Kami, Karang Taruna Kabupaten Gianyar, serta undangan terkait. 

Ketua panitia Luh Gde Vania Pradina menjelaskan aksi bersih-bersih pantai dan pelepasan tukik ini sebagai wujud kepedulian pemuda terhadap lingkungan.

"Kegiatan hari ini tujuannya membangkitkan semangat nasionalisme para pemuda di Desa Sukawati melalui gelaran upacara bendera. Selain itu, sebagai wujud peduli lingkungan dengan aksi bersih-bersih pantai," jelasnya.

Tidak saja itu, Karang Taruna Putra Persada Sukawati juga gencar mengedukasi masyarakat dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

"Anggota kami rajin turun ke Pasar mengingatkan pedagang maupun pengunjung disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama pengenaan masker," imbuhnya. 

Sementara Perbekel Sukawati, Dewa Gede Dwi Putra dalam sambutannya mengapresiasi aktifitas Karang Taruna Putra Persada Sukawati. 

Kegiatan pelepasan tukik menarik minat masyarakat sekitar untuk berpartisipasi. Mereka berdiri di belakang bendera merah putih yang dipasang berjejer di tepi pantai.

Kemudian bersama-sama melepasliarkan ratusan ekor tukik ke perairan. Diharapkan, tukik yang dilepas tersebut bisa bertahan hidup hingga menjadi penyu dewasa di kemudian hari.(BB