Luar Biasa! Sambut Kemerdekaan, Gus Adhi Luncurkan "Tiga Program Strategis" SOKSI Bali

Foto: Ketua Depidar SOKSI Provinsi Bali AA Bagus Adhi Mahendra Putra (Gus Adhi) meluncurkan tiga progam strategis sekaligus yakni Amatra Cycling Club SOKSI Bali, Lumbung Darah SOKSI Bali dan Karya Bakti IX dengan Pembagian 2000 Paket Sembako serta Paket Ikan Bermutu, Sabtu (8/8/2020).

Baliberkarya.com-Denpasar. Setelah terpilih kembali jadi ‎Ketua Depidar SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) Provinsi Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Gus Adhi) terus membangkitkan spirit kader SOKSI untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat menunjukkan pengabdian dan karya kekaryaan secara nyata.

Hebatnya, dibawah kepemimpinan Gus Adhi, SOKSI Bali tidak pernah sepi dari aksi sosial kemanusiaan hingga berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di sektor ekonomi. Berbagai kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat pun terus digalakkan dengan spirit "SOKSI Gus Adhi, Gus Adhi SOKSI."

Mengawali bulan Agustus yang menjadi bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia dimana 17 Agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia, SOKSI Bali ‎pada Sabtu pagi (8/8/2020) Gus Adhi meluncurkan sekaligus tiga program strategis SOKSI Bali.

Program pertama, Amatra Cycling Club (ACC) SOKSI Bali. Kedua, Lumbung Darah SOKSI Bali. Ketiga, Karya Bakti IX dengan Pembagian 2.000 Paket Sembako serta Paket Ikan Bermutu.

Acara peluncuran progam SOKSI Bali ini dilakukan di Jro Kawan  (Jro Amatra) Kerobokan, Kabupaten Badung sekaligus serangkaian menyambut HUT ke-75  Kemerdekaan Republik Indonesia yang mengangkat tema "Indonesia Maju". Acara ini dihadiri pengurus dan kader SOKSI se-Bali namun tetap dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Kader SOKSI terus bergerak melakukan karya dan kekaryaan. Sebab SOKSI merupakan organisasi yang terlahir dari tuntutan zaman yang terdiri dari insan dan manusia karya yang mandiri untuk percepatan kesejahteraan masyarakat," kata Gus Adhi yang juga Anggota Fraksi Golkar DPR RI Dapil Bali ini.

Menurut Gus Adhi, Amatra Cycling Club SOKSI Bali (komunitas/klub bersepeda) menjadi semacam gerakan hidup sehat dan wadah meningkatkan imunitas tubuh masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yakni caranya dengan bersepeda.

Sementara Lumbung Darah SOKSI Bali menjadi aksi dan gerakan sosial kemanusiaan menyadarkan masyarakat pentingnya membantu masyarakat yang membutuhkan dengan donor darah sekaligus untuk menjaga kesehatan diri.

"Setetes darah kita sangat berarti bagi meraka yang membutuhkan dan dengan donor darah kita jadi lebih sehat," kata Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, lingkungan hidup, kehutanan dan kelautan ini.

Selain itu, Karya Bakti IX dengan pembagian 2.000 paket sembako serta paket ikan bermutu untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan diberikan secara simbolis kepada perwakilan penerima di Jro Kawan selanjutnya dibagikan ke masing-masing kelompok masyarakat penerima di beberapa daerah seperti di Kabupaten Jembrana, Buleleng dan Bangli.

Paket sembako dan ikan ini menyasar kelompok masyarakat berdasarkan aspirasi yang masuk seperti kepada petani penggarap dan buruh tani, petani subak, masyarakat penyangga hutan sosial dan kelompok masyarakat terdampak lainnya.

Kepada kader SOKSI, Gus Adhi mengingatkan agar tetap berpegang teguh terhadap spirit perjuangan SOKSI bahwa sebagai insan karyawanisme (bukan karyawan yang dapat gaji bulanan)  adalah manusia yang penuh karya berbasiskan karya kekaryaan.

"Sesuai pesan pendiri SOKSI almarhum Prof Suhardiman, kader SOKSI dalam melakukan karya kekaryaan haruslah 'Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe' yang artinya tanpa pamrih tapi banyak berkarya," tegas politisi Golkar asal Kerobokan, Badung ini.

Sementara, Penasehat Depidar SOKSI Bali, Anak Agung Ngurah Rai Wiranata mengapresiasi kegiatan Depidar SOKSI Bali yang mampu mewujudkan karya nyata. Sebab tugas SOKSI demikian adanya, melanjutkan cita-cita perjuangan SOKSI yang lahir di tengah badai sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

"SOKSI lahir sebagai wadah berhimpun kaum buruh tani nelayan di Indonesia.  SOKSI Bali juga tidak mau ketinggalan rayakan HUT ke-75 kemerdekaan RI. SOKSI terlibat, bangkit, maju jawab tantangan zaman," jelas Wiranata.

‎Pernyataan senada disampaikan Ketua Dewan Pembina SOKSI Bobby Suhardiman. Ia berharap kader SOKSI Bali agar melanjutkan kebersamaan keluarga besar SOKSI terutama dalam masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Semoga bermanfaat bagi masyarakat sekitar," harapnya.

‎Kali ini dikukuhkan pula pengurus Amatra Cycling Club (ACC) SOKSI Bali dengan Ketua AA Bagus Kadek Kusimantara, Sekretaris I Made Sucipta dan Bandahara I Made Sudarta. Diakhir acara, diserahkan  paket ikan kepada seluruh peserta gowes yang telah ikut bersepeda selama 8 km.(BB).


TAGS :

Komentar