Tidak Seperti Biasanya, Kembali Tukik Muncul di Pantai Petitenget Badung

  31 Juli 2020 PERISTIWA Badung

Kasat polair Polres Badung Iptu I Wayan Jiwa Antara.melepaskan kembali tukik ke laut

IKUTI BALIBERKARYA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baliberkarya.com Badung - Sebanyak empat ekor tukik lagi ditemukan di Pantai Petitenget Kuta Utara kabupaten Badung Bali Jumat (31/7/2020) dan sebelumnya juga pernah ditemukan puluhan tukik di kawasan yang sama pada hari Minggu (26/7/2020) yang lalu. 

Penemuan kali ini langsung ditemukan oleh anggota satpolair Polres Badung  Bripka I Gusti Ngurah Gede Blambangan saat melaksanakan patroli jalan kaki disekitaran pantai Petitenget sekira pukul 08.15 wita. 

Dengan adanya temuan  tersebut, empat tukik yang merupakan satwa dilindungi saat itu juga  dilepas  kelaut oleh Bripka Blambangan yang disaksikan oleh pengunjung pantai setelah dapat petunjuk dari Kasat polair Polres Badung Iptu I Wayan Jiwa Antara. 

Menurut salah seorang pengunjung pantai, temuan tukik tersebut merupakan peristiwa langka yang pernah dia lihat secara langsung menetas dari telurnya. 

Menurutnya,   baru pertama kali menyaksikan tukik yang baru menetas dari telurnya peristiwa ini merupakan pengalaman yang langka baginya. 

Setelah penemuan  tukik tersebut, Kasat Polair Polres Badung Iptu I Wayan Jiwa Antara memerintahkan anggota Polair untuk mengintensifkan pemantauan areal pantai  utamanya pada musim penyu  bertelur seperti saat ini.

“Ini jenis hewan langka yang dilindungi. Kami perintahkan anggota Polair untuk memantau areal pantai guna penyelamatan  tukik jika ditemukan,” ujarnya.

Sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya kasus penyelundupan atau penjualan penyu secara ilegal diseputaran tukik ditemukan" katanya lagi. 

Namun demikian pihaknya mengimbau kepada masyarakat  agar melapor ke polisi saat menemukan penyu atau tukik. “Jangan malah dijual atau dipelihara secara ilegal,” pintanya. (BB