Kalahkan Giri Prasta, Golkar Bali Adu Diatmika-Muntra di Pilkada Badung 

Cabup/Cawabup dari Partai Golkar yaitu I Gusti Ngurah Agung Diatmika berpasangan dengan Wayan Muntra.

Baliberkarya.com-Denpasar. Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) yang digelar secara serentak di 6 kabupaten/kota digelar pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Untuk menghadapi hajatan politik lima tahunan tersebut, partai politik di Bali kini tengah mempersiapkan diri mematangkan strategi pemenangan termasuk menyiapkan satu paket pasangan kandidat yang diusung untuk bertarung merebut kursi kepemimpinan di daerah. 

Salah satu partai politik yang  merancang strategi pemenangan di Pemilukada serentak nanti yakni Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin ini terus mematangkan konsolidasi di internal partainya termasuk telah membangun koalisi besar dengan beberapa partai politik untuk merebut kemenangan di Pemilukada serentak.

Dari 6 kabupaten/kota di Bali yang akan menggelar pesta demokrasi lima tahunan tersebut, Partai Golkar baru saja memberikan rekomendasi pasangan calon di 3 kabupaten. Untuk Kabupaten Jembrana, Partai Golkar bersama koalisinya merekomendasikan pasangan calon I Nengah Tamba (Partai Demokrat) sebagai Calon Bupati Jembrana yang berpasangan dengan Gede Patriana Krisna alias Ipat (Partai Golkar) sebagai wakilnya, dimana paket ini dikenal dengan pasangan calon Tamba-Ipat. 

Selain Kabupaten Jembrana, Partai Golkar juga telah merekomendasikan pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri-Made Sukerana (Paket MASSKER), dan pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Bangli Subrata-Ngakan Parwata. Sementara dua kabupaten dan satu kota yang belum turun rekomendasinya. 

Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali, Nyoman Sugawa Korry, saat ditemui disela upacara Butha Yadya Manca Sanak di Sekretariat DPD Golkar Bali, Jumat (24/07/2020), menyatakan untuk tiga kabupaten/kota itu sudah ada nama-nama pasangan calonnya. Bahkan Golkar Bali secara khusus mengundang para kandidat menghadiri upacara yadnya tersebut. 

Untuk Kabupaten Badung disiapkan Cabup/Cawabup I Gusti Ngurah Agung Diatmika dan Wayan Muntra yang diyakini mampu mengalahkan incumbent atau petahana yaitu Nyoman Giri Prasta dan pasangannya. Kabupaten Tabanan, ada satu nama dari Puri Anom Anak Agung Ngurah Panji Astika sebagai Cabup. Sedangkan Cawabup Tabanan belum disiapkan. 

"Untuk Denpasar nanti kita umumkan. Yang jelas semua nama yang disiapkan sudah siap maju dari Golkar, dan saat ini kita sedang berproses dan menunggu finalisasi DPP untuk mengeluarkan rekomendasi," ucap Sugawa Korry. 

Terkait komposisi nama-nama calon yang diusung Partai Golkar bersama koalisi, Sugawa Korry mengjelaskan tidak mempersoalkan kader Golkar di posisi bupati ataupun wakil.

"Kita dengan koalisi telah sepakat tidak memposisikan ada di nomor satu atau dua, tapi yang diposisikan adalah yang diusulkan dan diterima masyarakat apakah itu kader apakah non kader," jelas as Sugawa yang juga Wakil Ketua Ketua DPRD Bali seraya menyebut pemimpin di Kabupaten Badung dengan fenomena 212 yaitu jika 2 kali menjabat Bupati sehingga periode bupati berikutnya biasanya menjabat satu kali saja.(BB).


TAGS :

Komentar